Beranda Olahraga Kickers Manchester City Rebut Pucuk Klasemen Liga Inggris Dari Saudara Sekota

Manchester City Rebut Pucuk Klasemen Liga Inggris Dari Saudara Sekota

West Bromwich Albion vs Manchester City. (Reuters)

WEST BROMWICH-RADAR BOGOR, Manchester City menjalani pekan ke-20 Liga Inggris musim 2020-2021 dengan bertandang ke markas West Bromwich Albion di The Hawthorns Stadium, Rabu (27/1/2021) dini hari WIB. Tampil menekan, Man City pun berhasil menyudahi laga kontra West Brom dengan kemenangan 5-0.

Berkat kemenangan tersebut, Man City pun berhasil mengakusisi posisi teratas klasemen sementara Liga Inggris 2020-2021 dari Manchester United. Ya, skuad The Citizens –julukan Man City– kini mengoleksi 41 poin dari 19 pertandingan yang mereka mainkan.

Meski bertindak sebagai tim tamu, Man City memulai laga kontra West Brom dengan langsung tampil menyerang. Alhasil ketika laga baru berjalan 6 menit, Man City sudah berhasil unggul melalui gol Ilkay Gundogan. Ya, Gundogan berhasil melepaskan tembakan yang meluncur deras ke dalam gawang West Brom.

Hanya berjarak 11 menit, Man City berhasil memperbesar keunggulan mereka atas West Brom jadi 2-0. Kali ini giliran Joao Cancelo yang mencatatkan namanya di papan skor, setelah tembakannya ke sudut kiri gawang Southampton tak mampu diamankan oleh Sam Johnstone.

Memasuki 30 menit babak pertama berjalan, West Brom mendapatkan kesempatan untuk bisa memperkecil kedudukan melalui aksi Callum Robinson. Namun tembakan pemain berusia 25 tahun tersebut masih menyamping di sisi kanan gawang Man City.

Pada menit ke-31, Man City kembali berhasil mencetak gol ke gawang West Brom. Ya, Gundogan mampu mencatatkan brace di pertandingan ini, setelah sontekannya dari dalam kotak penalti West Brom tak berhasil diantisipasi dengan baik oleh Johnstone.

Berjarak 6 menit, Man City hampir mencetak gol keempat di pertandingan ini melalui aksi dari Raheem Sterling. Akan tetapi upaya Man City melalui sontekan terukur yang dilepaskan oleh Sterling masih gagal tepat sasaran.

Di pengujung babak pertama, Man City berhasil menambah keunggulannya atas West Brom jado 4-0. Kali ini giliran Riyad Mahrez yang menyumbangkan golnya. Hingga 45 menit pertama usai, kedudukan 4-0 untuk keunggulan Man City atas West Brom masih menghiasi papan skor pertandingan ini.

Meski sedang dalam kondisi unggul telak, tak membuat Man City menggendurkan tekanan mereka di babak kedua laga kontra West Brom. Alhasil, Man City pun hampir mencetak gol kelima di laga ini melalui aksi Phil Foden. Namun upaya tembakan Foden masih belum membuahkan hasil.

Baru pada menit ke-57 Man City berhasil memperbesar keunggulan mereka jadi 5-0 atas West Brom. Kali ini giliran Sterling yang berhasil menyumbangkan golnya. Ya, Sterling berhasil melepaskan tembakan terukur yang meluncur deras ke dalam gawang West Brom.

Berhasil unggul lima gol, membuat Man City semakin percaya diri untuk terus melancarkan tekanan demi tekanan ke pertahanan West Brom. Bahkan Man City hampir saja mencetak gol keenamnya di menit ke-66. Tapi upaya Man City via aksi Bernardo Silva masih gagal.

Berjarak 8 menit, Man City kembali mendapatkan peluang untuk menambah keunggulan mereka atas West Brom melalui tembakan spekulasi dari Rodri. Namun tembakan eks pemain Atletico Madrid itu masih menyamping tipis di sisi kiri gawang West Brom.

Memasuki 5 menit jelang pertandingan berakhir, West Brom mendapatkan peluang untuk setidaknya bisa memperkecil kedudukan mereka atas Man City via aksi Jake Livermore. Namun tembakan yang dilepaskan oleh Livermore masih mampu ditepis oleh Ederson Moraes.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang berhasil dicetak oleh kedua tim. Kubu tamu, Man City, berhasil pesta gol ke gawang tim tuan rumah, West Brom, dengan kemenangan 5-0. (okz/rur)