Beranda Berita Utama Jokowi: Baterai Akan Bawa Indonesia Jadi Penggerak Industri Masa Depan

Jokowi: Baterai Akan Bawa Indonesia Jadi Penggerak Industri Masa Depan

Presiden Joko Widodo. (dok JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap industri baterai lithium atau baterai listrik di Indonesia dapat segera beroperasi.

Sebab, saat ini pemerintah tengah serius mengembangkan kendaraan listrik dengan menjaring sejumlah investor untuk mengembangkan ekosistem mobil listrik tersebut di tanah air.

Seperti diketahui, beberapa produsen yang tengah mengembangkan industri baterai listrik di Indonesia adalah produsen asal Tiongkok, Contemporary Amperex Technology Co. Ltd (CATL) dan LG Chem Ltd asal Korea Selatan (Korsel).

“Ini menjadi sebuah sinyal bahwa Indonesia akan menjadi motor bagi pengembangan industri masa depan yang berpengaruh dan disegani,” ujarnya secara virtual, Rabu (27/1).

Jokowi menjabarkan, pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik ini akan membuat Indonesia menjadi motor bagi pengembangan industri masa depan. Sebab, industri baterai lithium diolah dari kekayaan alam negeri sendiri.

“Industri baterai lithium yang diolah dari kekayaan alam kita sendiri serta sekaligus industri mobil listrik dalam skala besar kita upayakan agar segera beroperasi di negara kita Indonesia,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia pun telah mengungkapkan Tesla milik Elon Musk juga segera berinvestasi di Indonesia. Selain itu, ada BASF asal Jerman.

Dua produsen baterai listrik raksasa dunia tersebut turut mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri, khususnya baterai listrik.(jpg)