Beranda Berita Utama Bantuan Subsidi Upah 2021 Kapan Cairnya? Ini Kata Menaker Ida Fauziyah

Bantuan Subsidi Upah 2021 Kapan Cairnya? Ini Kata Menaker Ida Fauziyah

Ilustrasi-BLT
Ilustrasi BLT

JAKARTA-RADAR BOGOR, Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT BPJS Ketenagakerjaan  akan dilanjutkan pada 2021 ini. Bantuan itu untuk membantu kehidupan para pekerja selama pandemi COVID-19 ini.

Sayangnya sampai saat ini BLT BPJS Ketenagakerjaan belum bisa diketahui pasti kapan cairnya. Dikutip dari situs resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), pemerintah belum bisa memberikan kepastian kapan penyaluran BLT pegawai itu akan dilanjutkan.

“Untuk tahun anggaran APBN 2021, kami memang belum menerima perintah untuk menyalurkan kembali program BSU,” kata Menaker Ida Fauziyah pada 18 Januari 2021.

universitas-nusa-bangsa

Ida mengatakan pihaknya sudh punya hasil evaluasi yang akan dikoordinasikan dengan Kemenko Perekonomian. Jika kondisi perekonomian belum normal, program BLT BPJS Ketenagakerjaan bisa kembali dilakukan pada 2021.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sempat memberi sinyal terkait kabar ini. Meskipun belum diketahui BLT BPJS Ketenagakerjaan kapan cair, dia sempat mengatakan bahwa bantuan akan dilanjutkan selama tiga bulan pada 2021.

“Ini akan dilanjutkan apda 2021 selama tiga bulan dan mungkin enam bulan pada kuartal satu dan dua,” kata Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi (KPCPEN).

Untuk memastikan apakah termasuk penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan atau tidak, segera cek nama di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Klik link sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
    2. Klik ‘daftar pengguna’ (bagi karyawan yang belum memiliki akun)
    3. Segmen ‘PU’ (Penerima Upah)
    4. Masukkan e-mail
    5. Klik ‘Kirim’
    6. Setelah itu, link verifikasi akan dikirim melalui e-mail Anda. Kemudian ikuti instruksi selanjutnya
    7. Lalu masuk kembali ke link sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dan login dengan e-mail dan password yang sudah didaftarkan
    8. Setelah masuk ke dashboard, klik ‘Kartu Digital’ dan klik gambar kartu
    9. Kemudian akan muncul data diri dan status aktif atau tidaknya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan nomor rekening.

Selamat mengecek nama yang terdaftar sebagai penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id!

(net/ysp)

bozzfoods frozen foods