25 radar bogor

Sulit Air Bersih, Desa Wargajaya Minta Kerjasama Perhutani

Krisis air
Ilustrasi. Warga Cigombong harus berjalan ratusan meter untuk mendapatan air bersih.
Krisis air
Ilustrasi. Warga Cigombong harus berjalan ratusan meter untuk mendapatan air bersih.

SUKAMAKMUR-RADAR BOGOR, Punya sumber mata air melimpah, masyarakat Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor malah sulit mendapatkan air bersih. Hal itu terjadi sejak 6 tahun ke belakang saat banyak objek wisata bermunculan di wilayah tersebut.

Menurut Kepala Desa Wargajaya, Ooy Tamami, mata air yang mengalir dari hutan milik Perum Perhutani awalnya langsung ke pemukiman warga.

“Warga kami sekarang hanya kebagian air yang habis digunakan oleh objek wisata, seharusnya warga dulu yang mendapatkan air bersih,” ungkapnya kepada media.(25/1/2121)

Dirinya pun sudah membicarakan hal tersebut dalam forum pra Musrenbang Kecamatan Sukamakmur.

Ooy berharap, permasalahan ini dapat diselesaikan dengan melibatkan pihak – pihak terkait termasuk dengan pengelola wisata di wilayahnya.

Terpisah, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Puncak Mandiri, Deden yang juga sebagai salah satu pengelola wisata di kawasan hutan Perhutani di Sukamakmur membenarkan keberadaan sumber mata air yang ada di lahan perhutani yakni di atas objek wisata Curug Ciherang.

Meskipun begitu, bukan dirinya lah yang berwenang utuh dalam mengelola mata air tersebut.

“Curug Ciherang sudah melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Perum Perhutani. Apabila pemerintah desa menginginkan saluran sendiri, maka kepala desa harus kordinasi terlebih dahulu dengan Perhutani,” ungkapnya saat dikonfirmasi.

Sementara itu, Asisten Perhutani BKPH Bogor, Ade Soma menyatakan saat ini surat pengajuan yang telah diserahkan Pemerintah Desa Wargajaya telah diproses KPH Bogor. Nantinya, Pemdes akan bekerjasama dengan Perhutani untuk membuat bak penampungan air dan pipanisasi untuk menyalurkan air bersih ke warga.

“Memang benar itu disalurkan ke objek wisata namun hanya 30 persen digunakannya, namun kami juga akan dorong untuk disalurkan ke warga,” tandasnya.(cok)