25 radar bogor

Ratusan Warga Korban Banjir Bandang Puncak Alami Keluhan Kesehatan

Tim Kesehatan Polres Bogor, langsung diterjunkan di Posko Pengungsian Bencana Banjir di Kampung Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa (19/01/2021). Arifal/Radar Bogor
Tim Kesehatan Polres Bogor, diterjunkan di Posko Pengungsian Bencana Banjir di Kampung Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa (19/01/2021). Arifal/Radar Bogor

CISARUA – RADAR BOGOR, Kondisi kesehatan warga terdampak banjir bandang Gunung Mas Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, menurun sejak Jumat hingga akhir pekan Sabtu (23/1/2021).

Sedikitnya ada 200 warga terdampak banjir bandang tercatat memiliki berbagai keluhan. Menurut Kepala Puskesmas Purwasari Sahrul Zubiantoro, beberapa keluhan warga seperti nyeri otot, pusing, dan mual.

Hampir rata-rata keluhan mereka, kata Sahrul, tak menunjukkan adanya penyakit parah.

“Untuk saat ini korban bencana banjir tidak ada yang mengalami sakit parah. Semua ringan. Nyeri otot, pusing, mulai, rata-rata begitu. Kalau luka berat gak ada sih Alhamdulillah,” kata Sahrul kepada Radar Bogor, Sabtu (23/1/2021).

Sementara untuk anak di bawah umur, Sahrul menyebut, pasca bencana banjir mengalami sakit flu dan batuk biasa. “Jadi sejauh ini penyakit yang kami temukan tidak begitu parah,” ujarnya.

Ia juga memastikan ketersediaan alat kesehatan maupun obat-obatan lengkap di Posko Bencana. “Alhamdulillah lengkap tidak belum terlihat ada kekurangan,” ungkapnya.

Danramil Cisarua-Megamendung Manyor Inf Aris Nazarudin menghimbau, seluruh warga baik korban banjir maupun relawan agar tetap mengikuti aturan Protokol Kesehatan selama berada di kawasan.

“Meski dalam keadaan darurat penerapan Prokes ini harus tetap diterapkan,” tukasnya. (reg)