25 radar bogor

Penuhi Stok Darah PMI, IJTI -DKM Al- Muhajirin Gelar Aksi Donor Darah

Donor-darah
Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Korda Bogor Raya lakukan aksi sosial donor darah di Perumahan Pesona Cilebut II. Sabtu (23/1/2021).
Donor-darah
Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Korda Bogor Raya lakukan aksi sosial donor darah di Perumahan Pesona Cilebut II. Sabtu (23/1/2021).

SUKARAJA-RADAR BOGOR, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Bogor Raya bersama DKM Masjid Jami Al- Muhajirin, RW 15 Perumahan Pesona Cilebut 2, Desa Cilebut Barat, Kecamatan Sukaraja, mengadakan aksi sosial donor darah di Halaman Mesjid Al- Muhajirin, Sabtu (23/01/2021).

Aksi donor darah itu dilakukan mengingat menipisnya persediaan stok darah di Parang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor ditengah pandemi Covid-19.

Kepala Desa Cilebut Barat, Dasuki mengatakan, kegiatan donor darah merupakan langkah yang baik untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

Di tengah pandemi Covid-19, kebutuhan darah di rumah sakit meningkat, sedangkan para pendonor mulau berkurang karena banyak yang enggan ke luar rumah atau ke Kantor PMI, karena khawatir terpapar Covid-19.

Dasuki mengapresiasi sangat baik kegiatan donor darah tersebut. Ia berharap, dengan melakukan hal tersebut menjadi pemicu bagi warga lain untuk melakukan kegiatan donor darah.

“Saya orang yang takut jarum. Tapi itu terpatahkan setelah saya ikut donor darah ini. Saya angkat jempol untuk RW 15 kegiatan ini berjalan lancar tanpa mengurangi protokol kesehatan. Dan warga juga sangat antusias ingin mendonorkan darahnya, saya berharap RW lain menyusul mengadakan kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Jami Al – Muhajirin Sabari menjelaskan, antusias warga mendonorkan darah sangat tinggi, hal itu terlihat dari antrean warga untuk melakukan pendaftaran.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan tes medis, 60 warga memenuhi persyaratan dan diperbolehkan untuk mendonorkan darahnya.

“Sebenarnya yang akan mendonor banyak sekali, tapi kami batasi karena saat ini sedang dilaksanakan pembelakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM),” ucapnya.

Panitia donor darah tak henti-hentinya mengimbau kepada warga untuk mematuhi protokol kesehatan. Di lokasi pun disediakan, alat pengukur suhu, handsenitizer, dan memberikan masker bagi warga.

“Harapan saya darah yang didonorkan warga bisa bermanfaat dan membantu ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Bogor,” tukasnya.(ded)