25 radar bogor

Ngaku-Ngaku Kapolresta di Whatsapp, Polisi Telusuri Pelaku

Ilustrasi
Ilustrasi

BOGOR-RADAR BOGOR, Nomor Whatsapp palsu milik Kapolresta Bogor Kota, Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro beredar ditengah masyarakat.

Nomor tersebut juga memakai foto profil Kapolresta beserta nama Susatyo Purnomo. Modus itu kemudian diunggah postingan Instagran milik Susatyo.

“Hati – hati ada yang mencoba melakukan penipuan mengatasnamakan saya,” kata Susatyo dalam unggahannya itu, Jumat (22/1/2021).

Pencatutan nama itu kemudian dibenarkan oleh Paur Humas Polresta Bogor Kota, Iptu Rachmat Gumilar saat dikonfirmasi radarbogor.id.

Kata Rachmat, nomor itu adalah palsu. Dan bahwasanya, Kapolresta tidak merasa memiliki nomor tersebut. Apalagi melakukan sesuatu yang bersifat meminta kepada masyarakat atau siapapun.

“Kalau foto itu sepertinya diambil dari Instagram atau di Facebook. Yang jelas itu penipuan,” kata Rachmat pada radarbogor.id.

Kepada masyarakat, sambung Rachmat, agar lebih hati – hati dan waspada terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan Kapolresta Bogor Kota, Kombes Susatyo Purnomo Condro.

Namun, Rachmat menegaskan bahwa tim cyber dari Polresta Bogor Kota akan memantau modus itu. Memang hingga saat ini, belum ada laporan yang masuk yang menyatakan sebagai korban dari modus itu.

“Belum ada yang laporan. Tapi kita tetap mengantisipasi dari Satreskrim dan unit cybernya untum meneliti dan mengungkap siapa orang yang mengatasnamakan kapolresta,” ungkapnya.

Upaya itu, agar masyarakat tidak merasa resah. Dan yang terpenting tidak memojokkan nama Kapolresta Bogor Kota.

Memang untuk modusnya penipuannya sendiri, Rachmat mengaku belum ada informasi yang jelas karena belum ada yang melapor. Apakah modusnya untuk meminjam uang, atau modus penipuan lainnya.

“Karena belum ada yang melapor, kita belum tahu tujuannya apa. Belum ada korban yang melapor,” tukasnya. (dka)