Beranda Bogor Raya Pramuka Kwaran Cariu Bersihkan Sampah Irigasi Cikumpeni

Pramuka Kwaran Cariu Bersihkan Sampah Irigasi Cikumpeni

Pramuka Kwartir Rantin (Kwaran) Cariu gotong-royong bersihkan saluran irigasi Cikumpeni dari tumpukan sampah pada Kamis (21/1/2021).

CARIU-RADAR BOGOR, Antisipasi banjir, pasukan Pramuka Kwartir Rantin (Kwaran) Cariu gotong-royong bersihkan saluran irigasi Cikumpeni dari tumpukan sampah pada Kamis (21/1/2021). Meskipun dalam kondisi hujan turun, mereka berhasil kumpulkan 5 kubik sampah dengan alat sederhana.

Sekretaris Camat Cariu, Bakri Hasan mengatakan, pembersihan ini dilakukan atas inisiasi dan kepedulian anggota Pramuka Kwaran Cariu.

“Dengan dasar kepedulian, kami kerja bakti bersihkan saluran irigasi dari sampah sebagai salah satu penyebab banjir,” ungkapnya kepada Radar Bogor.

Ketua Pramuka Kwaran Cariu itu menyatakan, fungsi dari Pramuka itu sendiri selain sebagai wadah organisasi generasi muda, juga sebagai pilar dalam menjaga alam.

Salah satunya yakni perduli dengan kondisi lingkungan yang saat ini semakin mengkhawatirkan. Ditambah dengan puncaknya musim hujan yang terjadi di Bumi Tegar Beriman, Pramuka harus sigap dalam mencegah terjadinya bencana alam.

“Dengan alat seadanya, sampah dikumpulkan bekerjasama dengan armada Dinas Lingkungan Hidup untuk mengangkut sampah itu,” tuturnya. Sampai saat ini, Bakri mengaku wilayahnya masih aman dari berbagai bencana yang tidak diinginkan.(cok)