Beranda Berita Utama Percepat Vaksinasi Biaya Ditanggung Perusahaan, Jokowi : Kenapa Tidak?

Percepat Vaksinasi Biaya Ditanggung Perusahaan, Jokowi : Kenapa Tidak?

JAKARTA-RADAR BOGOR, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka peluang terkait usulan pengusaha melakukan program vaksinasi Covid-19 secara mandiri. Hal tersebut masih dalam proses pembahasan dan akan segera diputuskan.

“Banyak dari perusahaan, para pengusaha menyampaikan, ‘Pak bisa nggak kita vaksin mandiri’. Ini yang baru kita akan putuskan,” ucap Jokowi dalam acara CEO Forum, Kamis (21/1/2021).

Menurutnya, usulan tersebut sejalan dengan misi pemerintah untuk menggenjot dan mempercepat proses vaksinasi di tanah air. Apalagi, vaksinasi mandiri ditanggung oleh pengusaha.

“Karena apa kita perlu mempercepat, perlu sebanyak-banyaknya apalagi biayanya ditanggung perusahaan. Kenapa tidak?” ungkapnya.

Hanya saja, Jokowi mengungatkan, usulan tersebut harus dikelola dengan baik. Dia juga memberi syarat bahwa vaksin mandiri yang akan diberikan harus berbeda jenis dan mereknya. Bahkan tempat untuk melakukan vaksinasi mandiri juga harus dibedakan.

“Sekali lagi harus kita kelola isu ini dengan baik, mungkin bisa diberikan asal merek vaksinnya berbeda, tempat untuk melakukan vaksin juga berbeda, bisa dilakukan,” ucapnya.

Jokowi menambahkan, dirinya masih optimis pelaksanaan vaksinasi dapat rampung kurang dari setahun. Sebab, Indonesia memiliki 30 ribu vaksinator, 10 ribu puskesmas, dan 3 ribu rumah sakit. (jpg)