25 radar bogor

Gelandang Muda Manchester City Ini Lampaui Rekor Messi

Phil Foden saat laga Manchester City melawan Aston Villa
Phil Foden saat laga Manchester City melawan Aston Villa

MANCHESTER-RADAR BOGOR, Laga Manchester City vs Aston Villa pada Kamis (22/1/2021)  dinihari tadi berakhir dengan skor 2-0. Gelandang City, Phil Foden menorehkan rekor yang membuat dia melewati mega bintang Barcelona Lionel Messi.

Foden yang bermain bermain penuh pada laga tersebut memang tak mencetak gol. Akan tetapi dia dianggap tampil gemilang dengan menciptakan enam peluang dan melepaskan lima tembakan.

Raihan itu menurut lembaga statistik Opta membuat Foden menjadi pemain termuda di bawah asuhan Pep Guardiola yang terlibat dalam lebih dari 10 tembakan dalam satu laga. Dia mengalahkan rekor Lionel Messi pada laga kontra Sporting Gijon pada 2008 lalu.

Foden mencatatkan usia 20 tahun 237 hari pada laga dini hari tadi. Dia terpaut sekitar enam bulan dari Messi yang mencatatkan usia 21 tahun 89 hari pada laga kontra Gijon.

Performa Phil Foden pada laga itu memang menuai pujian. Dia dianggap sebagai salah satu pemain terbaik Manchester City meskipun tak mencetak gol.

“Foden merupakan pemain yang memberikan bahaya paling besar. Terus menemukan ruang di sisi kiri dan menciptakan peluang. Bermain lebih baik dari pemain lainnya dalam hal percobaan mencetak gol,” tulis media Inggris Manchester Evening News seperti dilansir dari Opta.

Manchester City tercatat melepaskan 11 tembakan dengan lima diantaranya diciptakan oleh Phil Foden. Bahkan Foden tercatat terlibat dari seluruh peluang Manchester City.

Meskipun demikian, skuad asuhan Pep Guardiola harus menunggu hingga menit ke-79 untuk menjebol gawang Aston Villa. Tendangan keras Bernardo Silva menjebol gawang Villa yang dikawal eks penjaga gawang Arsenal, Emiliano Martinez.

Kemenangan Manchester City ditutup dengan penalti Ilkay Gundogan pada menit ke-90. Mereka mendapatkan hadiah penalti setelah bek Aston Villa Matty Cash menghalau bola dengan tangannya di kotak penalti.

Kemenangan pada laga Manchester City vs Aston Villa tersebut sempat membuat Phil Foden cs memuncaki klasemen Liga Inggris. Akan tetapi mereka harus kembali turun ke posisi kedua setelah Manchester United menumbangkan Fulham 2-1 pada laga setelahnya. (opta/rur)