25 radar bogor

Angka Kasus Covid-19 Kota Bogor di Atas 100,  Bima Arya Ungkap Penyebabnya

Wali Kota Bogor, Bima Arya. (Andika/Radar Bogor)
Wali Kota Bogor, Bima Arya. (Andika/Radar Bogor)

BOGOR – RADAR BOGOR, Wali Kota Bogor, Bima Arya beberkan penyenab tingginya kasus Covid-19 di Kota Bogor beberapa hari ini. Contohnya dua hari kemarin, kasus terkonfirmasi positif covid mencapai 120 kasus.

Bima mengatakan, ada beberapa penyebabnya. Pertama karena lonjakan pasca liburan. Lalu Bima mengatakan, pihaknya mendeteksi rekor penambahan jumlah kasus diakibatkan kegiatan masyarakat secara massal.

“Seperti penambahan 120 kasus itu karena rombongan kegiatan keagamaan dari luar kota. Makanya kita tekankan betul, kurangi mobilitas. Ini sudah jelas bahwa lonjakan ini terjadi karena mobilitas,” kesal Bima saat wawancara dengan media di Balaikota, Kamis (21/1/2021).

Selain itu, sambung Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor itu, penambahan kasus tinggi juga terjadi akibat rumah sakit yang memiliki keterbatasan kapasitas. Sehingga warga terpaksa memilih untuk di rumah.

“Terpaksa memilih untuk di rumah dan menulari anggota keluarganya. Karena itu kita genjotnya di hal itu. Membubarkan kerumunan, mengurangi mobilitas, menambah tempat tidur di rumah sakit,” jelasnya.

Selain itu, upaya yang dilakukan adalah membuka Rumah Sakit Lapangan yang berkapasitas 68 bed. Serta satu hotel khusus fasilitas Orang Tanpa Gejala (OTG) yang akan dibuka juga dalam waktu dekat.

“Covid ini dimensi banyak, bukan hanya dimensi kesehatan, keamanan, ketertiban. Nah karena itu perlu bersama – sama. Dikesampingkan lah ini tupoksi siapa, overlap siapa, yang penting kita turun sama sama,” tukas Bima. (dka)