25 radar bogor

Tiga Bank Syariah Indonesia Dimerger, Bakal Sejajar dengan Bank di Timur Tengah

Ilustrasi bank syariah (Dok. JawaPos.com)
Ilustrasi bank syariah (Dok. JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebut Indonesia akan memiliki bank syariah terbesar setelah ketiga bank syariah milik BUMN yakni Bank Syariah Mandiri (BSM), BRI Syariah, dan BNI Syariah akan bergabung menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI).

Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Kementerian BUMN Nawal Nely mengatakan, penggabungan ini dapat memperluas pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia saat ini. Selain itu berpotensi dapat bersaing dengan bank syariah seara global.

Bahkan, Nawal menyebut, dengan penggabungan ini harapannya Bank Syariah tanah air dapat sejajar dengan perbankan negara Islam hingga menduduki ranking tujuh atau delapan berdasarkan aset. Selain itu, BSI juga akan menjadi salah satu dari 10 top global Islamic bank di dunia.

“Bisa dijajarkan dengan Al Rayan Bank, Kuwait Finance House bank di Qatar dan Arab Saudi,” ungkapnya dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (19/1).

Menurutnya, penggabungan bank syariah ini tidak tak hanya punya potensi berdasarkan skala pasar namun juga dari sisi kemampuan ekonomi. Sebab, efisiensi biaya terhadap pendapatan rasio biaya secara kolektif akan membaik jika operasional skala aset disatukan.

Nawal menambahkan, konsolidasi perbankan syariah ini juga akan mendorong investasi teknologi, produk development, investment, dan tata kelola perusahaan yang bisa merealisasikan kemampuan ekonomi untuk nasabah perbankan syariah.

Keuntungannya, dari penggabungan bank syariah ini akan memiliki 1.200 kantor cabang yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan lebih efisien. Kemudian 20 karyawan yang sudah bekerja akan menjadi champion untuk islamic banking.

“Kita juga memiliki hasil penggabungan aset Rp 1.200 triliun dan DPK Rp 189 triliun. Jumlah ini harapannya layanan BSI kepada nasabah akan lebih baik,” ucapnya.

Selanjutnya, tahun ini proses konsolidasi mulai dijalankan. Ke depannya sinergi mulai terasa dan bank syariah bisa menjaga relevansi, nasabah, sampai governance. (jpc)