25 radar bogor

Korban Banjir Bandang Puncak Butuh Air Bersih

Warga terdampak banjir di Kampung Rawadulang, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, saat ini membutuhkan pasokan air bersih. Foto Regi/Radar Bogor
Warga terdampak banjir di Kampung Rawadulang, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, saat ini membutuhkan pasokan air bersih. Foto Regi/Radar Bogor

CISARUA-RADAR BOGOR, Ratusan warga terdampak banjir di Kampung Rawadulang, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, saat ini membutuhkan pasokan air bersih.

Pasalnya, persediaan air bersih sangat sulit untuk didapatkan pasca banjir, Selasa (19/1/2021). Ketua RT 02, Ujang Asrul mengatakan, korban terdampak banjir bandang di wilayahnya ada sebanyak delapan KK atau 30 jiwa.

“Di sini ada sebanyak delapan KK atau 30 jiwa yang terdampak, saat ini bantuan mulai dari makanan dan obat-obatan sudah ada, tapi saat ini kami kesusahan air bersih,” katanya.

Menurutnya, sejak adanya banjir bandang melanda wilayahnya tersebut semua akses saluran air bersih terputus, karena terbawa banjir bandang. “Sejak kemarin warga belum mandi, soalnya airnya gak ada, air bersih kita saat ini membutuhkan, kalau bahan pokok alhamdulillah sudah,” imbuhnya.

“Akses saluran air bersih, yang kita ambil dari gunung itu terbawa banjir. Kami harap kepada pemerintah agar memperhatikan kami, kami butuh air bersih,” sambungnya.

Ia menjelaskan, alasan warga masih menetap di rumahnya masing-masing karena masih dinilai aman. “Kalau mau mengungsi harus nyebrang sungai, akses jalan terputus warga makanya memilih menetap terlebih dahulu disini,” jelasnya.

Ditempat yang sama, seorang warga korban terdampak bencana banjir bandang, Amih (40) mengatakan, sejak terjadinya bencana sampai saat ini kesusahan air beraih.

“Air bersih susah, biasanya ngambil di masjid. Tapi sekarang masjid nya juga sama nggak ada air soalnya salurannya terputus,” singkatnya.

Pantauan Radar Bogor di lokasi bencana saat ini intensitas curah hujan masih terbilang tinggi. Bahkan, cuacanya tidak menentu, kadang gerimis, kadang hujan lebat, Rabu (20//1/2021).(reg)