Beranda Metropolis Gila, Warga Bogor Barter Mobil Brio dengan Tanaman Hias

Gila, Warga Bogor Barter Mobil Brio dengan Tanaman Hias

Deni rela menukar satu unit mobil pribadinya dengan tanaman hias di Pasar Tanaman Hias, Jungle Fest. Imam/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Popularitas tanaman hias memang tak main-main. Salah seorang warga Bogor, Deni sampai rela menukar satu unit mobil pribadinya dengan tanaman hias di Pasar Tanaman Hias, Jungle Fest.

Mobil jenis Honda Brio keluaran tahun 2019 itu dibarter dengan delapan jenis tanaman hias yang dimiliki Sutisna. Empat diantaranya merupakan Janda bolong varigata (Monstera adansonii varigata). Jika ditotal, nilai barter tanaman hias itu mencapai angka Rp150 juta.

Transaksi itu merupakan yang paling besar di antara aktivitas Sutisna menjual di Pasar Tanaman Hias. Meski begitu, ia menilai, barter gila-gilaan tanaman hias itu bukan hal yang asing lagi di kalangan petani hingga kolektor tanaman hias.

universitas-nusa-bangsa

“Sebenarnya bermula dari pembicaraan-pembicaraan kita saja, negosiasi. Eh, kebetulan dia (Deni) menawarkan mobilnya untuk ditukar dengan beberapa tanaman saya. Pas tanya ke anak saya, dia juga memang lagi butuh mobil. Ya sudah kita barter saja,” tuturnya, Rabu (20/1).

Ia dan Deni memang sudah kenal lebih dulu. Keduanya memang terbiasa malang melintang dalam bisnis tanaman hias. Alasannya mempercayakan delapan tanaman hias ditukar dengan mobil itu, lantaran Deni juga sudah beberapa kali membeli tanaman hias miliknya. (mam)