Beranda Bogor Raya Wabup Bogor: Banjir Bandang Puncak Bukan Akibat Penebangan Liar

Wabup Bogor: Banjir Bandang Puncak Bukan Akibat Penebangan Liar

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan kunjungi lokasi banjir bandang, Selasa (19/1/2021). Foto Hendi/Radar Bogor

CISARUA-RADAR BOGOR, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan minta ratusan keluarga yang terdampak banjir bandang Sungai Cisampay, Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, untuk kembali ke rumah.

“Ada 400-an keluarga dari empat RT dua RW yang terdampak. Kami juga sudah siapkan bantuan sembako dan alat kesehatan sampai betul dipastikan kondisinya sudah aman,” kaya Iwan saat meninjau langsung lokasi bencana, Selasa (19/1/2021).

Menurut Iwan, kondisi cuaca sampai saat ini belum memungkinkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan BMKG untuk memastikan kondisi cuaca lanjutan seperti apa.

Rencananya, kata Iwan, Pemkab akan meminta Badan Informasi Geospasial (BIG) untuk melakukan kajian guna mengetahui jika adanya pergerakan tanah maupun lainnya yang dapat menyebabkan bencana.

“Kami akan memanggil BIG untuk melihat dari konstruksi tanah nanti mungkin hari ini atau besok siang akan dikaji,” ujarnya. Ia menilai, kawasan hutan lindung ini jauh dari aktivitas penebangan liar yang berdampak pada bencana.

Sepengetahuan Iwan, permukiman warga ini sudah ada sejak zaman Belanda, sejumlah rumah disediakan pihak PTPN VIII untuk para pegawainya. “Pemukiman dari jaman Belanda untuk Karyawan PTPN VIII yang sudah berpuluh-puluh tahun ada di sini,” tukasnya.(reg)