Beranda Bogor Raya Puskesmas Diminta Aktif Dalam Menangani Pasien Covid-19

Puskesmas Diminta Aktif Dalam Menangani Pasien Covid-19

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan.

KLAPANUNGGAL-RADAR BOGOR, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan meminta petugas medis yang bertugas di Puskesmas turut aktif dalam menangani pasien Covid-19. Pasalnya, banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terjangkit virus kekinian tersebut.

Terbaru, Staf Kecamatan Klapanunggal dinyatakan positif corona yang diduga tertular dari sang istri. “Puskesmas setempat harus aktif dan segera mengambil tindakan, melakukan tracing dan perawatan,” ujarnya.

Selain itu juga, sambung Irwan, petugas puskesmas juga harus memfasilitasi pasien dalam menjalani isolasi mandiri. Hal itu dikarenakan, penuhnya ruang isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19 di Bumi Tegar Beriman.

universitas-nusa-bangsa

Setelah sebelumnya, Aparatur Kecamatan Klapanunggal terpaksa menutup sementara pelayanan selama tiga hari pada Selasa hingga Kamis (19-21/1/2021). Hal itu disebabkan adanya staf yang dinyatakan positif Covid-19 pada pekan lalu.

Sementara, kegiatan pemerintahan dilaksanakan secara daring. “Ada satu staf positif sementara dua staf dan satu OB reaktif dan hasil swabnya belum keluar,” ungkap Camat Klapanunggal, Ahmad Kosasih kepada Radar Bogor, Selasa (19/1/2021).

Menurutnya, penutupan pelayanan sementara dilakukan pihaknya guna mencegah penyebaran virus yang lebih luas terutama bagi warga yang akan mengurus administrasi di Kantor Kecamatan Klapanunggal.

Semua staf pun, lanjut Ahmad, telah menjalani pemeriksaan Swab Antigen di Puskesmas Klapanunggal dan semua dinyatakan negatif. Meskipun begitu, kegiatan pemerintahan yang bisa dilakukan secara daring tetap berjalan dan rapat internal dilakukan melalui virtual.(cok)