Beranda Bogor Raya Puncak Diterjang Banjir Bandang, Ade Yasin Perintahkan Evakuasi. Siapkan Penampungan! 

Puncak Diterjang Banjir Bandang, Ade Yasin Perintahkan Evakuasi. Siapkan Penampungan! 

Ade-Yasin
Bupati Bogor, Ade Yasin tinjau langsung pembangunan Rest Area Puncak Selasa (29/12/2020) lalu. Foto Hendi/Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Bupati Bogor, Ade Yasin langsung memerintahkan jajarannya mengevakuasi korban banjir bandang di Kampung Rawa Dulang, Komplek Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa (19/1/2021).

Banjir Bandang di Gunung Mas Puncak, Warga Diungsikan

Menurutnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) beserta tim relawan Tagana Kabupaten Bogor, sudah melakukan evakuasi warga terdampak banjir bandang di Puncak yang sebagian besar banyak pegawai PT Perkebunan Nusantara (PTPN).

universitas-nusa-bangsa

Detik-detik Banjir Bandang Bercampur Lumpur Terjang Gunung Mas Puncak

“Lokasi-lokasinya yang terkena banjir sedang dibersihkan, agar tak ada genangan air dan penumpukan sampah,” ujar Ade, Selasa (19/01/2021).

Ade Yasin hingga kini belum mengetahui penyebab banjir bandang. Menurutnya, ia tengah menunggu laporan detail BPBD Kabupaten Bogor. Apakah karena pengelupasan tanah di hutan atau karena perkebuban teh.

Banjir Bandang Terjang Gunung Mas Puncak, Warga Panik Berhamburan. Lihat Videonya!

“Terpenting selamatkan dulu masyarakat, evakusi dulu setelah itu baru yang lainnya,” kata Ade.

Dalam peristiwa banjir bandang tersebut, Ade Yasin memastikan tak ada korban jiwa. Hanya, warga yang terdampak berjumlah 134 KK dengan total 474 warga terpaksa diungsikan untuk sementara di tempat yang layak.

Puncak Diterjang Banjir Bandang, 474 Warga Mengungsi

Ade menambahkan, Pemkab Bogor menyiapkan penampungan sementara dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 secara ketat.

“Penampungan sementara di satu tempat di sekitar perkebunan dan masjid. Kita upayakan prokes dengan menyiapkan masker,” tukasnya. (ded)