25 radar bogor

Bencana Banjir Bandang di Puncak, Ade Yasin Singgung Bangunan di Atas Lahan PTPN

Ade-Yasin
Bupati Bogor Ade Yasin
Ade-Yasin
Bupati Bogor Ade Yasin

CIBINONG-RADAR BOGOR, Bencana banjir bandang menerjang kawasan Puncak, Selasa (19/1/2021) pagi sekitar pukul 09:00 WIB. Hingga kini belum diketahui penyebab banjir yang bercampur dengan lumpur itu.

Puncak Diterjang Banjir Bandang, 474 Warga Mengungsi

Bupati Bogor, Ade Yasin meminta warga di kawasan Puncak selalu waspada. Sebagai antisipasi, Ade Yasin meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melakukan mitigasi bencana.

Ade mengungkapkan, banyak bangunan yang berdiri di atas lahan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Gunung Mas yang bisa saja menjadi penyebab banjir bandang tersebut.

Namun menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tidak memiliki kewenangan untuk mengurusi lahan tersebut.

Politisi PPP itu hanya dapat memberikan imbauan kepada PTPN, agar melakukan evaluasi kepada seluruh lahan yang kini dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

Puncak Diterjang Banjir Bandang, Ade Yasin Perintahkan Evakuasi. Siapkan Penampungan! 

“Yang punya kewenangan mereka (PTPN), kami tidak punya kewenangan. Tapi, saya imbau sekarangkan banyak yang di KSO-kan, dipihak ketigakan untuk dijadikan tempat penginapan dan lainnya. Harus dievaluasi,” pintanya.

Ade menilai jika keberadaan bangunan tersebut dianggap membahayakan, apalagi intensitas hujan di Bumi Tegar Beriman belakangan terus meningkat dan menyebabkan tanah gembur.

“Kemungkinan terjadinya longsor semakin besar. KSO itu pihak mereka tapi dampaknya untuk semua,” tutupnya. (ded)