Beranda Pendidikan Tidak Kompeten Urusi Pendidikan, Cak Imin Minta Mendikbud Diganti

Tidak Kompeten Urusi Pendidikan, Cak Imin Minta Mendikbud Diganti

Muhaimin Iskandar (dok.Jawapos)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Muhaimin Iskandar atau dikenal Cak Imin meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim diganti.

Hal ini juga telah ia usulkan kepada Ketua Komisi X DPR RI sekaligus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Barat, Syaiful Huda.

“Saya mengusulkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan segera diganti. Saya sudah minta ketua komisi yang kebetulan Ketua PKB Jawa Barat untuk mengambil inisiasi,” terangnya saat membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) 15 DPW PKB secara virtual, Sabtu (16/1/2021) kemarin.

Dia menilai, hingga saat ini krisis atau darurat pendidikan yang terjadi sepanjang pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum bisa tertangani dengan baik. Bahkan, kata dia belum ada terobosan yang dilakukan sebagai solusi dalam mengatasi darurat pendidikan nasional.

“Mendikbud yang memiliki fungsi untuk mengambil langkah-langkah konkret bagi krisis tema pendidikan nasional tetapi sampai hari ini tidak ada tanda-tanda yang bisa diharapkan dari Mendikbud kita,” ujar dia.

Awalnya, Nadiem Makarim dapat segera menindaklanjuti terkait dengan kemampuan menata dan mengelola pendidikan nasional. Namun, ternyata hal itu tidak terlaksana dengan baik.

“Tapi sudah satu tahun lebih, hampir dua tahun, belum ada tanda-tanda baru yang bisa kita rasakan. Tolong sampaikan ke Pak Nadiem bahwa Indonesia darurat pendidikan, butuh penanganan yang serius,” tambah dia.

“Tidak bisa sambil lalu. Menangani soal pendidikan tidak bisa sambil guyonan, gak bisa sambil gojek. Gojek itu kalau bahasa Yogya itu bercanda. Gojekan itu namanya bercanda, gak bisa sambil bercanda dalam menangani krisis pendidikan kita,” tegasnya. (jpg)