25 radar bogor

Positif Covid, Artis Senior Pemeran Mak Lampir Meninggal Dunia

Farida-Pasha
Ilustrasi aktris pemeran Mak Lampir, Farida Pasha (kiri) (Instagram Ify Alyssa)
Farida-Pasha
Ilustrasi aktris pemeran Mak Lampir, Farida Pasha (kiri) (Instagram Ify Alyssa)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Duka kembali menyelimuti industri perfilman tanah air. Aktris legendaris Hj. Farida Pasha binti Ali Husen, meninggal dunia, Sabtu (16/1/2021) malam.

Meninggalnya aktris senior itu menyisakan duka mendalam bagi penyanyi Ify Alyssa dan keluarga. Mereka tidak menyangka pemeran Mak Lampir dalam sinetron kolosal Misteri Gunung Merapi itu akan menghembuskan napas terakhir begitu cepat.

Gina Sonia, ibunda Ify Alyssa yang juga putri dari almarhumah mengatakan bahwa Farida Pasha dilarikan ke Rumah Sakit Tarakan Jakarta Rabu (13/1/2021) lalu akibat kondisi kesehatan menurun. Ia diketahui memiliki penyakit pada lambung dan vertigo.

“Mama awalnya sakit vertigo dan lambung. Sudah dua kali ke dokter, tapi kondisinya terus melemah. Setelah dilakukan berbagai tes dan rontgen, Mama terkena early pneumonia dan hasil swab-nya positif Covid-19,” jelas Gina Sonia kepada JawaPos.com, Minggu (17/1/2021).

Dia mengungkapkan, Farida Pasha mendapat banyak sekali bantuan dan kemudahan selama menjalani proses pengobatan di rumah sakit. Gina pun mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah memberikan bantuan.

“Begitu banyak kemudahan dan bantuan banyak pihak, yang ia diberikan untuk bunda sejak sakit hingga akhir hayatnya,” katanya lebih lanjut.

Sementara itu, Ify Alyssa mengatakan neneknya termasuk orang yang sangat sayang keluarga. Selama ini ia begitu menyayangi anak dan cucu-cucunya. Ify sendiri mengaku banyak mencontoh hal-hal positif dari sang nenek.

“Beliau menjadi panutan dalam hal ibadah. Jiwa sosialnya juga sangat tinggi,” kenang perempuan kelahiran Bandung, 24 tahun silam itu.

Ify Alyssa juga mengenang, pada November 2020 lalu, Farida Pasha mendapat penghargaan Lifetime Achievement dari Festival Film Bandung sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kiprahnya di dunia film tanah air. Penghargaan itu adalah yang terakhir diterimanya sebelum akhirnya menutup lembaran hidup di dunia.

Gina Sonia meminta orang-orang yang mengenal Farida Pasha supaya dibukakan pintu maaf atas semua kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Karena sebagai manusia biasa, Farida Pasha tentu saja pasti memiliki kesalahan dan dosa.

“Atas segala kekhilafan beliau semasa hidupnya kami mohon dibukakan pintu maaf yg sebesar-besarnya. Ini adalah kehilangan yang sangat berat bagi kami sekeluarga, tapi kami yakin Allah lebih menyayanginya dan tidak membuat mama menderita sakit berlama-lama,” tandas Gina.

Hj.Farida Pasha binti Ali Husen lahir di Tasikmalaya pada 21 Agustus 1952. Dia menghembuskan napas terakhir di usia 68 tahun tadi malam. (jpg)