25 radar bogor

ITS Bikin Alat Skrining Covid-19 Berdasar Bau Ketiak

Wagub Jatim Emil Dardak menunjukkan inovasi alat skrining Covid-19. (Istimewa)
Wagub Jatim Emil Dardak menunjukkan inovasi alat skrining Covid-19. (Istimewa)

SURABAYA-RADAR BOGOR, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestiano Dardak dan Tim Inovasi ITS meninjau inovasi alat skrining Covid-19 berbasis bau. Tinjauan itu dilakukan pada Sabtu (16/1). Dalam acara tersebut, Emil mengapresiasi inovasi tersebut.

”Saya dijelaskan bahwa alat ini sudah menjadi atensi bagi Menteri Riset dan Teknologi, ini hal yang sangat membanggakan. Kami, Pemprov Jatim terus mendukung inovasi berkelanjutan ini,” ujar Emil.

Emil berharap alat screening Covid-19 bisa segera dirampungkan sehingga bisa berjalan paralel dengan vaksinasi.

”Kita sudah mengenal teknologi kecerdasan buatan yang berbasis suara dan penglihatan visual, nah sekarang ini kepekaan penciuman sudah bisa direplikasi menggunakan elektronik,” tutur Emil.

Hingga hari ini (16/1), alat tersebut telah memasuki uji klinis. Perwakilan Tim Inovasi ITS Riyanarto Suwarno menjelaskan, alat screening Covid 19 itu dilakukan melalui bau keringat ketiak. Karya itu telah mendapat respons baik dari Menteri Riset dan Teknologi.

”Dalam waktu dekat kami diundang Menristek untuk mempresentasikan alat ini. Harapannya, mampu mempercepat hasil tes yang bersifat non-infectious, non-invasive, dan murah,” jelas Riyanarto Suwarno.

Sementara itu, Wakil Rektor IV ITS Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama, dan Kealumnian Bambang Pramujati menyampaikan, komitmen ITS dalam berinovasi menciptakan solusi bagi masyarakat.

”Kami ingin berbuat lebih banyak untuk masyarakat dengan produk-produk inovasi khususnya pada saat pandemi seperti ini. Banyak hal yang bisa kita lakukan dan tentunya sudah mendapat support penuh dari Pemprov Jatim,” ujar Bambang. (jpc)