25 radar bogor

Awas Hoaks! Sama-Sama Pakai Peci Putih, tapi Bukan Kapten Afwan

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kabar palsu yang satu ini masih terkait dengan musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182 pada 9 Januari lalu.

Si pembuat hoax membagikan video seorang pria sedang menyanyikan lagu Jangan Ditanya ke Mana Aku Pergi. Video itu lalu diberi keterangan bahwa pria yang bernyanyi tersebut adalah pilot Sriwijaya Air SJ182.

”Rupanya, pilot pesawat terbang Sriwijaya Air yang jatuh di Kepulauan Seribu ini punya suara emas. Inilah lagu terakhir yang dibawakannya. Penuh arti, sarat makna. Ia pergi untuk selamanya, meninggalkan sejuta kenangan indah yang tak terlupakan,” tulis pemilik akun Facebook Nimi Harti pada 13 Januari 2021.

Pembuat hoax itu rupanya paham betul bahwa Kapten Afwan yang menerbangkan Sriwijaya Air SJ182 sering mengenakan pakaian dan peci putih. Dia lalu menemukan video sosok pria yang mirip Afwan sedang menyanyikan lagu yang cocok dengan suasana sedih.

Maka, dijadikanlah video tersebut bahan hoax bahwa Afwan sudah mengisyaratkan kepergian untuk selamanya sebelum terjadi musibah di perairan Kepulauan Seribu itu (bit.do/LaguTerakhirkapten).

Namun, tetap saja ada perbedaan fisik antara Afwan dan pria dalam video yang sedang bernyanyi. Janggut putihnya terlalu panjang. Usianya pun terkesan jauh lebih tua daripada sang kapten, yang foto-fotonya kini banyak bertebaran di internet.

Saat ditelusuri, pria yang bernyanyi dalam video itu adalah seorang YouTuber yang populer dengan nama Abah Ghafur. Dia sering meng-cover lagu-lagu nostalgia di kanal Abdul Ghafur.

Berbagai videonya mudah ditemukan di YouTube. Termasuk saat dia meng-cover lagu Jangan Ditanya ke Mana Aku Pergi ciptaan Ismail Marzuki yang pernah dipopulerkan Kris Biantoro dan Broery Marantika tersebut.

Jika ingin membandingkan dengan wajah Kapten Afwan, silakan mengunjungi portal berita Padang Ekspres yang pernah mengunggah berita berjudul Haji Afwan, Pilot Sriwijaya Air dari Sungai Jambu Tanah Datar.

Berita yang diterbitkan pada 10 Januari 2021 itu juga dilengkapi foto Kapten Afwan di dalam kokpit. Dia mengenakan seragam pilot plus peci putih. Janggutnya sangat tipis dan berwarna putih. Tentu saja sangat berbeda dengan wajah Abah Ghafur. Anda dapat membacanya di bit.do/AfwanPeciPutih.

FAKTA

Pria dalam video yang menyanyikan lagu berjudul Jangan Ditanya ke Mana Aku Pergi itu adalah Abah Ghafur. Bukan Kapten Afwan, pilot pesawat Sriwijaya Air SJ182.(jawapos)