Beranda Berita Utama Menkes Wacanakan Warga yang Sudah Divaksin Dapat Sertifikat Digital

Menkes Wacanakan Warga yang Sudah Divaksin Dapat Sertifikat Digital

Ilustrasi-vaksin
Ilustrasi-vaksin

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pemerintah saat ini sedang melakukan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di Indonesia. Untuk mensukseskan program tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memiliki progam yang diusulkan.

Budi mengatakan, nantinya bagi masyarakat yang sudah divaksin Covid-19 maka akan diberikan sertifikat. Bentuknya bukan fisik melakinkan sertifikat digital.

“Kalau yang sudah vaksin kita akan kasih sertifikat, cuma sertifikatnya bukan sertifikat fisik, tapi sertifikat digital yang bisa ditaruh di Apple wallet atau Google wallet,” ujar Budi di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (14/1/2021).

universitas pakuan unpak

Budi menuturkan masyarakat yang sudah memiliki sertifikat tersebut nantinya tidak perlu melakukan swab atigen pada saat ingin berpergian ke luar kota. Itu karena sudah memiliki sertifikat tersebut.

“Sehingga kalau terbang atau pesan tiket di traveloka tidak perlu menunjukkan PCR test atau antigen. Dengan menggunakan elektronik health certification itu dia langsung bisa lolos dan itu terintegrasi,” katanya.

Budi mengaku dirinya akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar usulan ini bisa berjalan. Sehingga vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat bisa berjalan lancar.

“Nanti saya akan bicarakan dengan Kementerian Perhubungan supaya jadi sifatnya insentif yang diberikan kepada masyarakat kalau mereka vaksinasi,” ungkapnya.

Budi mewacanakan sertifikat tersebut bukan hanya untuk bisa berpergian ke luar kota. Nantinya bisa diperluas untuk masyarakat untuk pergi ke konser, pasar, tempat perbelanjaan, dan lain-lain.

“Nanti orang mau datang ke pasar, mau datang ke mal, atau orang mau kumpul bersama pengajian bisa dilakukan. Tapi asal ada health certificate,” pungkasnya. (jpg)