25 radar bogor

Komisi III Gelar RDP Bersama PPATK, Sahroni: Komjen Listyo Sigit Clear

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Foto: Humas DPR RI
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Foto: Humas DPR RI
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Foto: Humas DPR RI
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Foto: Humas DPR RI

JAKARTA-RADAR BOGOR, Komisi III DPR RI mengelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK).

Pertemuan ini digelar untuk membahas berbagai hal, di antaranya adalah terkait calon Kapolri baru, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi Partai Nasdem Ahmad Sahroni ini, pihak PPATK mengkonfirmasi terkait transaksi keuangan Komjen Pol Listyo Sigit selama ini.

“Tadi kami sudah mengadakan rapat untuk mendengar masukan dan pendapat dari PPATK terkait beberapa isu, salah satu di antaranya adalah terkait track record keuangan calon Kapolri tunggal Listyo Sigit. Hasilnya, transaksi keuangan beliau sangat wajar dan clear semuanya,” ujar Sahroni di Gedung DPR, Kamis (14/1/2021).

Sahroni juga menambahkan, PPATK tidak pernah menemukan masalah apapun dalam transaksi yang pernah dilakukan oleh calon Kapolri, baik pribadi maupun yang bersifat kerja sama dengan pihak lain.

“Ya dari PPATK sudah ada lampu hijau. Semuanya wajar dan sesuai koridor. Tidak ada yang aneh-aneh,” katanya.

Sahroni juga menambahkan, terkait transaksi keuangan ini, Komisi III juga berkomitmen untuk bertindak tegas jika menemukan hal-hal yang mencurigakan.

“Untuk urusan ini kita saklek, walaupun calon tunggal, tapi kalau kata PPATK ada kejanggalan, kita bisa anulir. Tapi PPATK menyatakan hasilnya semua wajar, sesuai koridor. Clear,” ungkapnya.

Sebagai informasi tambahan, Komisi III DPR akan memulai tahapan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan mulai Senin (18/1/2021) pekan depan. Adapun calon tunggal Kapolri adalah Komjen Listyo Sigit yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri. (jpg)