25 radar bogor

BMKG Catat Sudah 47 Kali Gempa Guncang Sulbar Sejak Kamis

Gempa-Majene
Tim Basarnas Kabupaten Mamuju mengevakuasi korban yang masih berada di reruntuhan bangunan yang rubuh. Mamuju dilanda gempa berkekuatan 6,2 magnitudo. (HO/Basarnas Mamuju/ANTARA)
Gempa-Majene
Tim Basarnas Kabupaten Mamuju mengevakuasi korban yang masih berada di reruntuhan bangunan yang rubuh. Mamuju dilanda gempa berkekuatan 6,2 magnitudo. (HO/Basarnas Mamuju/ANTARA)

SULBAR-RADAR BOGOR, Gempa berkekuatan tinggi yang melanda wilayah Provinsi Sulawesi Barat terjadi sejak Kamis (14/1/2021).

Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Majene Sulbar, 3 Tewas Ribuan Warga Mengungsi

Berdasar catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar terdapat 47 kali gempa yang mengguncang.

“Gempa tektonik terjadi sebanyak 47 kali di wilayah Sulawesi Barat dan sekitarnya,” ujar Staf Pusat Gempa Regional IV Makassar Syarifuddin di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) seperti dilaporkan Antara, Jumat (15/1/2021).

Syarifuddin merinci, gempa yang terjadi pada Kamis (14/1/2021) hingga pukul 23.00 Wita, tercatat 28 kali gempa dengan magnitudo terkecil 2 Skala Richter (SR).

Kantor Gubernur Ambruk Saat Majene Sulbar Diguncang Gempa 6.2 M, Lihat Videonya

Sedangkan kekuatan besar yang menimbulkan kerusakan mencapai 6 SR. Sementara pada Jumat (15/1) dini hari, jumlah gempa susulan yang menggucang mencapai 19 kali lainnya.

Untuk gempa dengan kekuatan 2 SR tercatat sembilan kali. Magnitudo 3 hingga di bawah 4 SR terjadi sebanyak 13 kali. Gempa dengan magnitudo 4-5 SR terjadi sebanyak 3 kali.

Tertindih Puing Bangunan, Bocah Korban Gempa Majene Ini Minta Tolong. Videonya Bikin Pilu!

Untuk gempa dengan kekuatan 5 hingga di bawah 6 terjadi 2 kali serta gempa yang berkekuatan 6 SR terjadi satu kali.

“Setelah gempa yang merusak itu, telah terjadi 19 kali gempa atau dari Jumat dini hari hingga pagi harinya,” katanya.

Gempa magnitudo 6,2 terjadi di wilayah Sulawesi Barat pada Pukul 02.28 Wita dan merobohkan banyak bangunan.

Gempa di Mamuju berpusat enam kilometer timur laut Kabupaten Majene 2.98 LS-118.94 BT pada kedalaman 10 kilometer, juga merusak gedung rumah sakit di Mamuju. (jpg)