Beranda Politik Listyo Jadi Calon Kapolri, Sahroni: Kami di Komisi III Menyambut Baik

Listyo Jadi Calon Kapolri, Sahroni: Kami di Komisi III Menyambut Baik

Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo meminta Satgas Anti Politik Uang untuk memantau sumber uang calon petahan di Pilkada serentak 2020. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengirimkan nama calon Kapolri baru ke Komisi III DPR RI. Calon tunggal tersebut adalah Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri.

Terkait hal ini, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menyampaikan dukungannya. Menurut Sahroni, Komjen Listyo merupakan calon yang tepat karena memiliki prestasi dan track record yang sangat baik.

“Kami di Komisi III menyambut baik pengajuan nama tersebut. Menurut saya Pak Sigit Listyo ini merupakan calon kapolri yang memiliki track record sangat baik. Hal tersebut bisa kita lihat dari kinerja dan prestasi beliau selama ini,” ujar Sahroni kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Selain itu, Sahroni juga menyebutkan bahwa dengan mengajukan nama Komjen Listyo, Presiden telah mempermudah kinerja para anggota Komisi III DPR dalam melakukan fit and proper test.

“Dengan mengajukan nama Komjen Listyo, Pak Presiden sudah sangat mempermudah kerja kami di Komisi III, karena beliau memang perwira yang Insya Allah paling cocok memegang posisi tersebut,” katanya.

Politikus Partai Nasdem itu juga menegaskan bahwa dengan penunjukkan Komjen Listyo, Presiden Jokowi telah membuktikan bahwa institusi Polri adalah lembaga yang inklusif dan tidak memilih pimpinan berdasarkan ras atau agama.

“Penunjukan ini membuktikan juga bahwa dalam memilih pucuk pimpinan Polri, Pak Jokowi benar-benar hanya mempertimbangkan profesionalisme, bukan dari agamanya apa lah, atau sukunya apa, nggak ada itu,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal yang diusulkan Presiden Jokowi epada parlemen ini.

“Bahwa surpres telah kami terima dari Bapak Presiden yang mana Bapak Presiden menyampaikan usulan bpejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu bapak Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim di Polri,” kata Puan.

Nantinya, DPR akan segera memproses dan menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolr tersebut.

“Setelah hari ini terhitung 20 hari ke depan, kami DPR akan memproses pelaksanaan mekanisme DPR dalam mengusulkan dan memberikan persetujuan atas calon tunggal Kapolri yang akan datang yaitu Listyo Sigit Prabowo,” ungkapnya. (jpg)