Beranda Metropolis Divaksin Pertama, Dedie A Rachim Minta Masyarakat Jangan Takut dan Jaga Kesehatan

Divaksin Pertama, Dedie A Rachim Minta Masyarakat Jangan Takut dan Jaga Kesehatan

Ilustrasi-Vaksin
Ilustrasi-Vaksin

BOGOR -RADAR BOGOR, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim meminta masyarakat jangan takut dengan vaksin Covid-19. Sebagai penerima vaksin, Dedie juga meminta masyarakat menjaga kesehatan.

“Saya ingin memastikan, ingin meyakinkan, agar masyarakat jangan takut untuk di vaksin,” kata Dedie pada radarbogor.id, Rabu (13/1/2021).

Vaksin ini, kata Dedie, sudah melewati banyak proses sebelum disebarkan ke masyarakat. Seperti rangkaian prosedur pemeriksaan dan langkah – langkah medis yang sudah diambil. “Jadi artinya saya yakin, vaksin ini aman,” tegasnya.

universitas nusa bangsa unb

Maka dari itu, kata Dedie, masyarakat juga diminta untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh agar imun tetap terjaga. Seperti apa yang ia lakukan sebelum divaksin.

“Kemudian tentu saya juga mencari informasi dari berbagai sumber. Bagaimana dampak atau efek dari setelah penyuntikan. Dan apa yang harus dilakukan sebelum proses penyuntikan,” bebernya.

Sebelumnya, sepuluh pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor menjalani pemeriksaan kesehatan jelang vaksinasi besok Kamis (14/1/2021).

Salah satunya adalah Dedie. Di Balaikota Bogor, Dedie disambangi petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Rabu (14/1/2021) sekitar pukul 11.00 WIB tadi.

Kedatangan petugas Dinkes itu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan atau skrining kepada Dedie. Hal yang sama juga dilakukan untuk 9 orang yang nantinya diproyeksikan mendapat vaksin Covid-19.

“Saya tadi diambil darah untuk pemeriksaan kolesterol dan gula darah. Termasuk juga pemeriksaan tensi dan ada sedikit tanya jawab,” kata Dedie pada radarbogor.id saat ditemui di Balaikota.

Proses tanya jawab itu, kata Dedie, untuk memastikan beberapa hal. Apakah calon penerima vaksin memiliki komorbid, riwayat operasi, dan apakah pernah mengalami sakit berat dalam waktu dekat ini.

Pertanyaan itu, kemudian menjadi salah satu pertanyaan standar yang dilakukan oleh tim skrining dari Dinkes. Dedie mengaku, dari hasil pemeriksaan sementara, ia bisa disuntik vaksin besok.

“Jadi tadi diceklis oleh petugas dalam form. Alhamdulillah dari hasil pemeriksaan kelihatannya saya lolos (skrining). Dari tensi lolos, dari gula darah dan dari kolesterol juga lolos,” sambungnya.

Dedie menginformasikan, penerimaan vaksin Covid-19 besok akan dilakukan di Puskesmas Tanah Sareal. Rencananya, besok penyelenggaraan kegiatan dipusatkan di puskesmas dengan hanya mengundang sedikit orang untuk menghindari kerumunan.

“Pak Danrem, Pak Dandim, kemudian Pak Kapolresta juga sudah di skrining. Kemudian ada beberapa orang dari beberapa indikasi dari beberapa unsur yang nanti masuk di dalam 10 penerima vaksin covid pertama di Kota Bogor,” tukasnya. (dka)