Beranda Bogor Raya Desa Gunungputri Ingin Gunakan Program Samisade untuk Infrastruktur Telekomunikasi

Desa Gunungputri Ingin Gunakan Program Samisade untuk Infrastruktur Telekomunikasi

Pemerintah Desa Gunungputri ingin program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) untuk membangun infrastruktur telekomunikasi. Ucok/Radar Bogor

GUNUNGPUTRI-RADAR BOGOR, Alih-alih untuk pembangunan infrastruktur jalan, Pemerintah Desa Gunungputri, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor malah ingin program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) untuk infrastruktur telekomunikasi. Sementara desa lainnya di kecamatan tersebut menggunakan program Samisade untuk pembangunan jalan.

Kepala Desa Gunungputri, Daman Huri mengatakan, pihaknya mengajukan program Samisade untuk pembangunan tower sinyal. “Kami ingin mengubah pandangan pembangunan bukan hanya infrastruktur jalan, tapi telekomunikasi juga perlu,” ungkapnya kepada Radar Bogor, Rabu (13/1/2021).

Menurut Daman, itu sejalan dengan desanya yang digadang-gadang menjadi salah satu desa digital di Kabupaten Bogor. Selain itu, infrastruktur jalan di desanya dinilai sudah membaik tanpa perlu anggaran yang bersumber dari program samisade. “Hanya ada beberapa jalan yang masih tanah bebatuan, itupun tanah milik perorangan yang tidak boleh dibangun pemerintah,” tuturnya.

universitas pakuan unpak

Daman mengatakan, pembangunan tower sinyal akan berdampak kelanjutan bagi desanya. Selain dapat pemasukan dari penghasilan pemasangan wifi di tiap rumah warga, warga juga bisa memiliki fasilitas internet dengan biaya yang murah.

Sementara itu, Sekretaris Camat Gunung Putri, Santosa mengatakan, dari sepuluh desa di Kecamatan Gunungputri, hanya Desa Gunungputri yang mengajukan pembangunan tower untuk program Samisade. “Sedangkan desa lainnya mengajukan pembangunan jalan,” tandasnya.(cok)