25 radar bogor

Program Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor Mundur, Diprediksi Baru Datang Februari

Ilustrasi vaksin Sinovac dari Tiongkok (EFE/EPA/ROMAN PILIPEY)
Ilustrasi vaksin Sinovac dari Tiongkok (EFE/EPA/ROMAN PILIPEY)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mendapatkan program vaksinasi Covid-19 pada awal tahun, dipastikan mundur dari jadwal yang sudah ditargetkan.

Seharusnya, 10.185 Vaksin Covid-19 direncanakan tiba di Kabupaten Bogor sebelum 22 Januari 2021.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Bogor, Dedi Syarif mengatakan, semula Pemkab Bogor mengajukan waktu kedatangan vaksin, pada Sabtu (16/01/2021), namun mundur sehingga vaksin bakal tiba di Kabupaten Bogor sebelum Jumat (22/01/2021).

Terakhir, pendistribusian program vaksin kembali mundur dan diperkirakan baru sampai di Bumi Tegar Beriman pada Februari 2021.

“Untuk kabupaten Bogor belum dapat jadwal yg tepat ya. Kemungkinan mundur di Februari, update baru tadi,” kata Dedi, Selasa (12/01/2021).

Sedangkan, vaksinasi Covid-19 secara nasional dipastikan mulai Rabu 13 Januari 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi penerima vaksin corona pertama. “Jadi untuk tanggal 14 Januari ini tetep running di tujuh kabupaten kota di Jawa Barat,” katanya.

Pertama, Kota Bandung, Bekasi, Kota Bogor, Depok, dan Cimahi, serta Kabupaten Bandung dan Bandung Barat dan menyasar tenaga kesehatan, dan orang yang bersentuhan langsung pada pelayanan masyarakat.

Dedi mengatakan, sembari menunggu kedatangan vaksin, saat ini pihaknya sedang melakukan assessment terhadap 121 fasilitas pelayanan kesehatan, yang bakal menjadi lokasi pendistribusian vaksin covid-19.

121 fasilitas pelayanan kesehatan tersebut, yakni 101 puskesmas, empat RSUD, tujuh rumah sakit swasta, tujuh klinik swasta dan milik polri, Rumah Sakit Paru dan Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) Dr M Hassan Toto.

“Jadi sambil menunggu, kami cek kesiapan 121 fasilitas pelayanan kesehatan yang ada dulu,” singkatnya.

Bahkan, pihaknya juga memberikan pelatihan kepada 121 tenaga medis, yang bertugas sebagai vaksinator pada vaksinasi covid-19 nanti.

“Secara umum petugas vaksinator sudah siap dan sudah kami latih. Ada 121 vaksinator yang kami latih dan semuanya sudah siap,” tukasnya. (ded)