25 radar bogor

Nangka Merah dan Alpukat Jumbo di Tanam di Paseban Kampung Budaya Sunda

Keluarga besar Bobats saat menanam pohon alpukat dan nangka jumbo.
Keluarga besar Bobats saat menanam pohon alpukat dan nangka jumbo.

BOGOR-RADAR BOGOR, Berkunjung ke Kampung Budaya Sunda Paseban yang terletak di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor seluas 6 ha yang juga merupakan kampung budaya Sunda terbesar, keluarga besar Bobats dan tokoh Budaya Jawa Barat Ki Pamanah Rasa menanam Pohon Nangka Merah dan Alpukat Jumbo.

Gatut Susanta yang menjadi koordinator acara ini menyampaikan, jika menurut Syahril ahli tanaman yang mendapingi acara ini bahwa kampung budaya dengan ketinggian 1200 MDPL sangat cocok untuk dua jenis tanaman ini.

“Makanya kami langsung action menanam yang dilakukan secara simbolis oleh CEO Radar Bogor, Hazairin, Supriyadi Jupri, Guntur Santoso dan tokoh budayawan Jawa Barat Ki Pamanah Rasa,” kata dia.

Ditempat yang sama, Direktur Utama PT. Sayaga Wisata Supriyadi Jupri yang biasa dipanggil Boy, mengungkapkan sangat senang atas kehadiran tokoh-tokoh Bogor dan tokoh Budayawan.

“Semoga Paseban bisa menjadi bagian untuk pengembangan Budaya Sunda di Bogor maupun Jawa Barat,” tegasnya.

Budayawan Sunda, Ki Pamanah Sara menambahkan, paseban sangat cocok untuk pengembangan budaya sunda dan karakter masyarakat sunda yang silih Asah, silih Asih dan silih Asuh.

Tokoh budayawan jabar, Ki Pamanah Rasa.

Area Penanaman Pohon di Paseban ini diawali dengan jalan sehat 7 km dan melintasi Curug Panjang, kebon Lemon dan Curug Cibalao serta menikmati keindahan bangunan berciri khas Sunda diamparan panorama alam yang Indah di Paseban. (*/pem)