25 radar bogor

Bumame Farmasi Apresiasi Polri Ungkap Kasus Pemalsuan Surat Hasil PCR Swab yang Libatkan Selebgram

Surat-Swab-palsu
Cyber Polda Metro Jaya dengan sigap berhasil mengusut tuntas masalah pemalsuan surat hasil PCR swab test,
Surat-Swab-palsu
Cyber Polda Metro Jaya dengan sigap berhasil mengusut tuntas masalah pemalsuan surat hasil PCR swab test,

JAKARTA-RADAR BOGOR, Cyber Polda Metro Jaya dengan cepat dan sigap mengusut tuntas masalah pemalsuan surat hasil PCR swab test, terutama yang menggunakan kop surat yang dilaporkan pihak Bumame Farmasi. Pemalsuan itu diduga melibatkan sindikat selebgram dengan menggunakan photoshop.

Polisi berhasil mengamankan tiga pelaku yakni selebgram berinisial EAED (erlanggs), MFA (HanzDays) dan MAIS. Ketiganya diketahui masih berstatus Mahasiswa.

“Kasus ini sangat mencemarkan nama baik perusahaan, dokter dan juga negara. Semoga dengan tertangkapnya oknum yang terlibat, nama Bumame Farmasi tidak lagi dikaitkan dengan pemalsuan surat hasil PCR Swab test,” kata James Wihardja, Direktur Utama Bumame Farmasi dalam keteranganya, Kamis (7/1/2021).

Dia menegaskan, laporannya ke kepolisian sebenarnya bukan untuk kepentingan Bumame Farmasi saja, tetapi untuk kepentingan negara. Dia pun mengaku lega, polisi telah menangkap pelaku yang merupakan selebgram.

“Sekali lagi terima kasih kepada Kanit 1 Subdit IV Tipid Siber Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya Kompol I Made Redy Hartana dan Kasubdit Tipid Siber Ditreskrimsus PMJ AKBP Dhani Aryanda yang sangat berjasa dalam kasus ini. Semoga kami semua dilindungi dalam masa yang susah ini,” tegasnya.

Perlu diketahui, selebgram EAED dan rekannya sudah berhasil diamankan oleh pihak kepolisian dan akan diusut sampai tuntas sesuai hukum yang berlaku, karena memalsukan dan menjual surat hasil PCR Swab test palsu menggunakan photoshop.

Padahal, kata James, semua staff Bumame Farmasi tidak bisa mengeluarkan surat hasil palsu. Semua hasil tes yang keluar dari lab melewati proses validasi oleh admin dan dokter supaya tidak ada kesalahan dan pemalsuan

“Untuk mencegah pemalsuan hasil di masa mendatang, kami akan mengimplementasikan kode QR unik pada semua surat hasil kami. Dengan kode QR unik ini, anda akan dapat mengakses hasil tes asli yang tersimpan di database kami,” urainya.

James mengaku, sebelumnya sudah melakukan penyidikan internal terhadap semua dokter dan tidak ditemukan adanya kerja sama dengan oknum pemalsuan surat hasil tes PCR Swab itu. (*/ysp)