25 radar bogor

Pekan Depan Pemkot Dapat Hibah PCR Mobile Container, ASB : Apresiasi Terobosan Penanganan Covid-19 Kota Bogor

Anggota komisi IV DPRD Kota Bogor, Akhmad Saeful Bakhri.
Anggota komisi IV DPRD Kota Bogor, Akhmad Saeful Bakhri.

BOGOR-RADAR BOGOR, Kasus Covid-19 di Kota Bogor masih tinggi. Di awal tahun 2021 saja, sudah ada 148 kasus baru positif Covid-19.

Untuk itu, rencana datangnya bantuan PCR mobile container dari pemerintah pusat melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) disebut-sebut bisa membantu penanganan Covid-19 di Kota Bogor.

Sebab, PCR mobile container itu bisa memeriksa hingga ratusan spesimen tes corona setiap harinya.

Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, jika tak ada aral PCR container dari BPPT itu akan turun ke Bogor dan diresmikan langsung oleh menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) pertengahan pekan ini.

“PCR Container dari BPPT akan diresmikan tanggal 6 Januari 2021 di Balai Kota Bogor. Rencananya Menristek bakal hadir,” katanya.

Setelah sampai di Bogor, sambung dia, PCR mobile itu bakal digunakan dan disimpan dalam area Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), Jalan Kesehatan, Kecamatan Tanahsareal.

Kedatangan bantuan PCR mobile itu pun disebut bakal sangat membantu penanganan Covid-19 di Kota Bogor. Sebab, per harinya bisa memeriksa tak kurang dari 100-144 spesimen tes uji corona.

“Kalau mesin PCR rata-rata satu putaran (bisa periksa) 36 spesimen. Lalu sehari itu bisa tiga sampai empat putaran. Jadi per hari bisa ratusan spesimen,” ungkap Dedie.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor Akhmad Saeful Bakhri menuturkan bahwa penanganan pandemi ini bukan hanya tugas dan tanggung jawab Dinas Kesehatan (Dinkes) saja, tetapi juga kerja keras dan kerja sama seluruh perangkat daerah, dinas instansi dan lembaga, yang secara formal tergabung dalam Satgas Covid 19 Kota Bogor.

“Kita sangat mengapreasi berbagai upaya, terobosan dalam percepatan penanganan yang telah dilakukan,” katanya.

Salah satu terobosan Dinkes Kota Bogor yaitu dengan mendapatkan bantuan hibah satu unit mobil test PCR dari BPPT.

“Apabila dinominalkan sangat menghemat anggaran APBD,” ujar ASB-sapaan karibnya.

Anggota DPRD dari fraksi PPP itu mendukung langkah Dinkes dan Satgas Covid-19 yang menunjukkan komitemen tinggi untuk penanggulangan Covid-19. Dengan tidak semata-mata mengandalkan APBD Kota Bogor yag sangat terbatas

“Padahal Pemkot Bogor dalam hal ini Satgas Covid-19 melalui OPD memiliki Anggaran BTT, yang kapan pun sesuai regulasi bisa digunakan. Ini satu bentuk kewaspadaan dan kehati-hatian pengelolaan anggaran yang bijak yang telah dilakukan,” ucapnya.

ASB menjelaskan, upaya Pemkot Bogor dalam penanganan Covid-19 melalui Dinas Kesehatan sudah terlihat dengan adanya peningkatan kekuatan tenaga fungsional kesehatan, yang pada pertengahan pekan lalu dilantik bersamaan dengan pengukuhan jabatan struktural di lingkungan Pemkot Bogor.

Hal ini disebutnya sangat membantu dan memberikan support tenaga baru untuk memperkuat armada kesehatan di Dinkes dan RSUD Kota Bogor dalam melakukan pelayanan kesehatan.(ded)