25 radar bogor

Ini Alur Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021

KONSENTRASI: Peserta menigkuti UTBK di Unair. Mereka sempat dag-dig-dug. Sebab, untuk mengikuti ujian, peserta harus menunjukkan hasil rapid test nonreaktif. (Robertus Rizky/Jawa Pos)
KONSENTRASI: Peserta menigkuti UTBK di Unair. Mereka sempat dag-dig-dug. Sebab, untuk mengikuti ujian, peserta harus menunjukkan hasil rapid test nonreaktif. (Robertus Rizky/Jawa Pos)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021 telah resmi dibuka. Adapun, para peserta perlu untuk mengikuti beberapa tahapan pendaftaran UTBK-SBMPTN.

Pertama, yaitu calon peserta diwajibkan memiliki dan melakukan registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT). Pembuatan akun mengunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan tanggal lahir di lamat portal.ltmpt.ac.id.

Kemudian, calon peserta melakukan login melalui akun tersebut. Login menggunakan username atau email beserta password-nya di halaman yang sama. “Registrasi Akun LTMPT untuk UTBK SBMPTN pada 07 Februari 2021 sampai 12 Maret 2021,” ucap Ketua LTMPT Mohammad Nasih dalam Pembukaan SNMPTN dan UTBK-SBMPTN secara virtual, Senin (4/1).

Lalu, calon peserta diminta untuk memilih menu verifikasi dan validasi data siswa. Dengan mengisi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru dan verifikasi biodata.

Setelah itu, calon peserta diminta memilih menu pendaftaran UTBK dan memilih lokasi ujian atau pusat UTBK, jenis ujian dan sesi ujian untuk mendapatkan slip pembayaran. “Pendaftaran UTBK-SBMPTN dilakukan 15 Maret sampai 1 April 2021,” jelas dia.

Untuk pembayarannya, para peserta dapat menggunakan layanan Bank Mandiri, BNI ataupun BTN. Paling lambat pembayaran dilakukan 1×24 jam setelah mencetak slip pembayaran.

Setelah membayar, peserta diminta untuk kembali ke laman portal.ltmpt.ac.id. Peserta pun diminta untuk memilih menu pendaftaran UTBK dan mencetak kartu peserta UTBK.

Terakhir, peserta dapat mengikuti UTBK 2021 sesuai dengan hari, tanggal, sesi dan lokasi pusat UTBK PTN yang di pilih. “Pelaksanaan UTBK sendiri dilakukan dalam dua gelombang. Gelombang pertama pada 12 sampai 18 April 2021, dan gelombang kedua pada 26 April sampai 02 Mei 2021. sedangkan Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN dijadwalkan pada 14 Juni 2021,” tandasnya. (jawapos)