25 radar bogor

Vaksin Covid-19 Sudah Sampai Biofarma Kota Bandung, Dijaga Ketat TNI-Polri

Biofarma
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau pos pengamanan Tahun Baru di Jalan Djuanda, Kota Bandung, Kamis (31/12). (Bagus Ahmad Rizaldi/Antara)
Biofarma
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau pos pengamanan Tahun Baru di Jalan Djuanda, Kota Bandung, Kamis (31/12/2020). (Bagus Ahmad Rizaldi/Antara)

BANDUNG-RADAR BOGOR, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan pihaknya bersama unsur TNI dan Polri menjamin pengamanan paket vaksin Sinovac yang sudah sampai gudang Biofarma di Kota Bandung, Jawa Barat.

Dia mengatakan, paket vaksin itu datang ke Biofarma, pada Kamis (31/12/2020) pukul 18.00 WIB. Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Sinovac asal Tiongkok itu memang sudah dikawal sejak dikirim dari Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, ke Bandung.

”Pak Kapolda melaporkan jam 18.00 WIB paket vaksin sudah sampai ke gudang Biofarma, dikawal kepolisian dan TNI,” kata Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara di Bandung.

Sebagai bahan yang berguna untuk menangani Covid-19, kata dia, pemerintah tidak main-main dalam mengamankan vaksin tersebut. Biofarma saat ini menjadi salah satu unsur instrumen vital dalam memerangi Covid-19. Pengamanan pun dipastikan dilakukan secara ketat.

”Jadi tidak hanya satpam Biofarma, tapi di sana juga ada polisi dan TNI untuk memastikan barang itu tidak ada gangguan dalam proses perjalanan maupun penyimpanan di gudang. Itu jaminan dari kita,” tutur Ridwan Kamil.

Sebelumnya, tim gabungan TNI-Polri berjumlah 1.168 personel dikerahkan untuk mengawal perjalanan vaksin Covid-19 dari Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten menuju kantor pusat PT Bio Farma di Bandung, Jawa Barat, menyusul kedatangan vaksin Sinovac tahap II di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (31/12/2020) sore.

Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi asal Tiongkok, Sinovac itu disimpan dalam 11 kotak berpendingin khusus. Kotak berisi vaksin tersebut kemudian diangkut menggunakan empat truk kontainer. (jpg)