25 radar bogor

Siaga Bencana dan Bantu Cek Wisatawan ke Bogor, Kemensos Terjunkan Tagana

Tagana
Kemensos menerjunkan Tagana dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru di Bogor.
Tagana
Kemensos menerjunkan Tagana dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru di Bogor.

BOGOR -RADAR BOGOR, Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) ikut andil dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021 di Bogor.

Anggota yang diterjunkan ke pos pengamanan (pospam), selain untuk membantu petugas melakukan pengecekan wisatawan, juga untuk kesiapsiagaan bencana.

Ketua Forum Kordinasi Tagana Kabupaten Bogor, H Taufik ada total 98 anggota Tagana yang dilibatkan. Juga relawan yang biasa mereka sebut Sahabat Tagana itu ada sebanyak 40 orang.

“Mereka dibagi ke dalam piket dari tanggal 24 Desember sampai 2 Januari 2021,” kata Taufik pada radarbogor.id, Jumat (1/1/2021).

Ada delapan titik pospam yang diisi oleh para anggota Tagana. Seperti untuk titik barat ada di Ciampea, utara ada di Pasar Parung, timur di Jonggol dan Sukamakmur, selatan di Gadog dan Rindu Alam, serta di wilayah sentral di Sentul dan Cibinong.

“Sebetulnya yang rawan (bencana) itu di titik barat, titik selatan itu Puncak kemudian di titik timur. Bencananya itu lebih banyak longsor dan banjir. Kalau di Parung sendiri biasanya puting beliung,” sambung Taufik menjelaskan.

Sementara, perbantuan Tagana saat tes rapid antigen bagi para wisatawan dilakukan untuk mengatur kerumunan. Jangan sampai di dalam pos tes rapid menimbulkan antrean yang menumpuk.

Pelibatan Tagana dalam penanganan covid itu lebih banyak dalam proses pencegahan. Seperti misalnya penyemprotan disinfektan, sosialisasi pemakaian masker sekaligus pembagian masker.

“Untuk di Tagana ada tim khusus yang sudah dilatih oleh dinkes dan juga tim Covid-19 Kabupaten Bogor. Dan kami siapkan lima orang yang khusus pemakaman,” tutupnya. (dka)