25 radar bogor

Catat! Ini Tiga Jenis Bansos yang Cair Januari 2021

ilustrasi uang
Ilustrasi foto warga yang menolak uang ganti rugi.
ilustrasi uang
ilustrasi Bansos

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos) menyampaikan, pada Januari 2021, akan ada tiga jenis bantuan sosial (bansos) yang siap didistribusikan. Ketiga Bansos tersebut yakni Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bansos Tunai (BST).

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan jajarannya untuk bekerja dan tidak libur sesuai dengan intruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Risma ingin memastikan agar ketiga bansos dapat disalurkan serentak ke seluruh Indonesia.

“Sesuai dengan instruksi, pekan pertama Januari bantuan ini sudah bisa diberikan kepada penerima manfaat (KPM),” ujarnya dalam keterangan tertulis, seperti dikutip Jumat (1/1).

Risma menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi secara intensif untuk finalisasi data KPM dengan Pemerintah Daerah (Pemda). Ia meminta agar data dari Pemda segera tuntas untuk dikirimkan ke pusat. Sebab, data penerima bansos harus kembali ke pemerintah pusat pada 1 Januari 2021.

Risma memaparkan, penyaluran bansos dimaksudkan agar aktivitas ekonomi masyarakat kembali berputar. Sehingga akan berpengaruh besar kepada perekonomian nasional.

“Misalkan bansos sembako itu rata-rata 1 bulannya senilai Rp 3,76 triliun. Kalau dibagi 514 kabupaten atau kota, kurang lebih ada sekitar Rp 60 miliaran di daerah. Jadi, membantu perekonomian di daerah supaya tidak turun,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya mengaku siap bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk menyalurkan bansos ke daerah. Pihaknya menargetkan bansos sudah diterima oleh masyarakat mulai 4 Januari 2021. Namun, lanjutnya, untuk kawasan terluar, terpencil, dan tertinggal (3T) seperti sebagian Papua, mungkin mekanismenya berbeda.

Adapum program Kartu Sembako/BPNT akan menjangkau 18,8 juta KPM dengan indeks Rp 200 ribu perbulan per KPM selama 2021. Bansos Tunai (BST) 2021 menjangkau 10 juta KPM di seluruh Indonesia, termasuk Jabodetabek. Penyalurnya adalah PT Pos Indonesia dengan indeks bantuan Rp 300 ribu per KPM selama 4 bulan yaitu Januari, Februari, Maret, dan April.

Berikutnya adalah bansos PKH 2021, dengan target 10 juta penerima manfaat dan penyalurnya adalah Bank Himbara. Penerima manfaat harus memenuhi komponen diantaranya ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas, atau lanjut usia.

Bantuan tersebut akan diberikan setiap 3 bulan sekali. Tahap pertama Januari, tahap kedua April, tahap ketiga Juli, dan tahap keempat Oktober 2021.(jpg)