25 radar bogor

Berkebun dan Ternak Ikan, Strategi Ketahanan Pangan Warga BCC 

Wakil Walikota Bogor, Dedie A. Rachim melantik 20 anggota Kelompok Tani Desa Sejahtera Rohani Jasmani, Bukit Cimanggu City disingkat KETANSARI BCC Bogor, Rabu (23/12).
Wakil Walikota Bogor, Dedie A. Rachim melantik 20 anggota Kelompok Tani Desa Sejahtera Rohani Jasmani, Bukit Cimanggu City, Rabu (23/12).

BOGOR-RADAR BOGOR, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim melantik 20 anggota Kelompok Tani Desa Sejahtera Rohani Jasmani, Bukit Cimanggu City (KETANSARI BCC) Bogor, Rabu (23/12/2020).

Bertempat di lapangan Seroja, Blok U, RT 10 RW 14, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, warga berupaya bangkit dari keterpurukan ditengah Pandemi Covid-19 dan mendapatkan dukungan dari pemerintah Kota Bogor.

Khususnya Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor (DKPP) yang diwakili oleh Kepala Bidang Holtikultura dan Penyuluhan DKPP, Dian Herdiawan.

Berlangsung sederhana di lapangan badminton Seroja, Wakil Walikota Bogor memberikan arahan kepada pengurus KETANSARI BCC.

“KETANSARI BCC masuk urutan 225 kelompok tani yang telah diresmikan di Kota Bogor, kondisi Pandemi ini ternyata mendorong warga untuk lebih kompak dalam mengatasi berbagai persoalan rumah tangga, dari persoalan kekurangan gizi, kecukupan pangan hingga perbaikan ekonomi,” ujar Dedie.

Jumlah 225 kelompok tani di Kota Bogor tersebut, diantaranya terdiri dari 83 Kelompok Tani Desa (KTD), 131 Kelompok Wanita Tani (KWT) serta 11 Kelompok Tani Taruna (KTT).

Wakil Wali Kota juga minta DKPP agar memberikan dukungan penuh kepada setiap kelompok tani, khususnya KETANSARI BCC diantaranya melalui Program Pekarangan Lestari (P2L).

“Harus ada ciri khas dari setiap kelompok tani agar lebih bermanfaat terhadap lingkungan dan warganya. Kami mendukung sepenuhnya gerakan seperti ini dan bisa mengajukan bantuan melalui P2L ke dinas terkait,” terang Dedie.

Sementara itu Ketua KETANSARI BCC, Guntur Mardiko menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan penyuluh pertanian wilayah Tanah Sareal.

“Kami tidak menyangka kegiatan kami ini bisa didukung penuh demikian besar oleh pihak dinas terkait, lurah dan penyuluh pertanian. belum lama berproses dan masih harus banyak belajar ternyata sampai pak Wakil Walikota Bogor bisa langsung datang melantik kami,” ujar Guntur.

Seremoni peresmian lokasi berkebun dan beternak ini berjalan hanya 30 menit dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, setelah dilantik Wakil Walikot Bogor menebarkan bantuan 1000 ekor ikan lele di kolam milik KETANSARi BCC tersebut, serta menanam pohon sebagai simbol gerakan bersama #bogorberkebun demi kemaslahatan warga yang terlibat dan lingkungan sekitar.

Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan produk unggulan ibu rumah tangga peserta KETANSARI BCC berupa teh daun kelor dan sketsa wajah Wakil Walikota Bogor karya salah satu warga RT 10 RW 14, Kris Wardhana.

Turut hadir dalam acara peresmian lahan fasilitas umum terbengkalai yang telah disulap menjadi lokasi berkebun sistem hidroponik dan kolam ikan terpal tersebut Camat Tanah Sareal Sahib Khan, Lurah Tanah Sareal Uay Sutiawan dan Kapolsek Tanah Sareal Kompol Indrianingtyas.(*/pin)