25 radar bogor

Hari Ini Diumumkan, Besok 6 Menteri Baru Jokowi Dilantik

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

JAKARTA-RADAR BOGOR, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memperkenalkan enam menteri baru di kabinet yang ia pimpin bersama dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Jokowi mengatakan keenam menteri yang baru tersebut bakal dilakukan pelantikan pada Rabu (23/12) atau tepatnya Rabu Pon. “Pelantikan akan dilaksanakan Insya Allah besok pagi,” ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/12).

Sebelumnya, Jokowi memperkenalkan satu-persatu orang yang mengisi di Kabinet Indonesia Maju tersebut. Pertama adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Juliari Peter Batubara yang tersangkut kasus korupsi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Pertama Ibu Tri Rismaharini, saya kira kita tahu semuanya dia adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini Ibu Tri Rismaharnini akan kita berikan tanggung jawab menjadi Menteri Sosial,” katanya.

Kemudian kedua adalah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno. Jokowi memberikan kepercayaan kepada Sandiaga Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio.

“Yang kedua saya ingin mengenalkan kita kira semua sudah tahu yaitu Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, beliau adalah mantan Wakil Gubernur Jakarta, mantan Ketua HIPMI, dan saat ini beliau kita berikan tanggung jawab untuk memenang Kementerian Pariwisata,” katanya.

Selanjutnya ketiga adalah Budi Gunadi Sadikin menggantikan Terawan Agus Putranto untuk mengisi menjadi Menteri Kesehatan.

“Kemudian yang ketiga, Bapak Budi Gunadi Sadikin. beliau sebelumhya Dirut Bank Mandiri, kemudian menjadi PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) dan terakhir jdai Wamen BUMN sekaran kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kemenkes,” ungkapnya.

Keempat adalah Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menggantikan Fahrul Razi sebagai Menteri Agama.

“Yang keempat Pak Yaqut Cholol Qoumas beliau adalah tokoh muslim Ketua GP Ashor dan akan kita erikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” ungkapnya.

Kelima Jokowi menunjuk Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang terkena kasus korupsi benih lobster atau benur.

“Yang eliama Sakti Wahyu Trenggono. Beliau sekarang ini memegang jabatan Wamenhan, dan akan kita berikan tanggung jawab untuk mnjadi Menteri KKP,” ungkapnya.

Kemudian keenam adalah M Lutfi dipercaya oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Perdangangan menggantikan Agus Suparmanto.

“Yang terakhir bapak M Lutfi beliau sebelumnya pernah menjadi Kepala BKPM Kemendag, Dubes Jepang dan terakhir Dubes Indonesia untuk AS dan sakarang memimpin Kemendag,” pungkasnya.(jpg)