25 radar bogor

DLH Catat 4.200 Ton Sampah Per Hari di Kabupaten Bogor

Kasi Pengurangan Sampah DLH, Nur Haryanti. Foto Regi/Radar Bogor
Kasi Pengurangan Sampah DLH, Nur Haryanti. Foto Regi/Radar Bogor

CIJERUK-RADAR BOGOR, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor mencatat ribuan sampah per hari dihasilkan per orangnya di masa pandemi Covid-19.

Menurut Kasi Pengurangan Sampah DLH, Nur Haryanti, berbagai jenis sampah rumah tangga, baik organik maupun non-organik terus meningkat di masa pandemi Covid-19.

Dia mengatakan, peningkatan sampah sekitar 4.200 ton per hari. Secara rinci per hari dari per orangnya menghasilkan 0,7 kilogram sampah. “Jadi sekitar 4.200 ton per hari tahun ini,” katanya kepada Radar Bogor, beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, dia mengaku, DLH terus berupaya dengan membentuk bank sampah di 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor. Sementara sebanyak 483 bank sampah sudah terbentuk. “Sudah terbentuk di 40 kecamatan dan akan terus bertambah. Bank sampah pusat ada di Kelurahan Cibinong,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tajur Halang, Kecamatan Cijeruk, Apud Ardiansyah mengakui, sampah masih menjadi soal di wilayahnya yang berada di sekitar kaki Gunung Salak. “Masih menjadi soal. Maka dari itu kami juga upayakan dengan membentuk bank sampah belum lama ini,” tuturnya.

Camat Cijeruk Hadijana menilai, persoalan sampah tidak akan pernah selesai jika kesadaran masyarakat dalam menjaga kondisi lingkungan masih minim.

Perilaku masyarakat yang seringkali ditemukan yakni, melintas menggunakan motor kemudian membuang sampah sembarangan. “Ya, masih banyak yang begini. Kesadaran masyarakat sebetulnya yang perlu ditingkatkan,” tukasnya.(reg)