25 radar bogor

BPPTKG Sebut Suara Guguran Terdengar Lima Kali dari Gunung Merapi

Gunung Merapi saat kembali mengalami erupsi beberapa waktu lalu.
Gunung Merapi saat kembali mengalami erupsi beberapa waktu lalu.

JOGJAKARTA-RADAR BOGOR, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan suara guguran terdengar sebanyak lima kali dari Gunung Merapi.

Hal itu diketahui selama periode pengamatan pada Sabtu (19/12/2020) mulai pukul 00.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida seperti dilansir dari Antara di Jogjakarta menjelaskan, suara guguran di gunung api aktif itu terdengar dengan intensitas sedang hingga keras dari Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Jrakah, PGM Babadan, serta Dusun Tunggul Arum, Wonokerto, Turi, Sleman.

Pada periode tersebut, BPPTKG juga mencatat 38 kali gempa guguran, 153 kali gempa fase banyak, 43 gempa vulkanik dangkal, serta 17 kali gempa embusan.

Berdasar pengamatan visual, lanjut dia, asap kawah tidak teramati keluar dari puncak gunung yang terletak di perbatasan Daerah Istimewa Jogjakarta dan Jawa Tengah itu.

Laju deformasi Gunung Merapi diukur menggunakan electronic distance measurement (EDM) Babadan rata-rata sembilan sentimeter dalam tiga hari.

BPPTKG telah menaikkan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga. Untuk penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan.

BPPTKG meminta pelaku wisata agar tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III, termasuk kegiatan pendakian ke puncak Gunung Merapi.

Pemerintah Kabupaten Sleman (Daerah Istimewa Jogjakarta), Kabupaten Magelang, Boyolali, dan Klaten (Jawa Tengah) juga diminta mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan upaya mitigasi bencana akibat letusan Gunung Merapi yang bisa terjadi setiap saat. (jpg)