25 radar bogor

Ini Modus Calo Rapid Test yang Ditangkap di Stasiun Senen

Stasiun Pasar Senen
Kondisi Stasiun Pasar Senen yang masih terpantau ramai, (Zaking/jawapos.com)
Kondisi Stasiun Pasar Senen yang masih terpantau ramai, Minggu (1/11). (Zaking/jawapos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Polres Metro Jakarta Pusat menangkap 3 orang calo rapid test di kawasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Hal tersebut berawal dari laporan masyarakat yang mengatakan bahwa ada calo yang menjual jasa rapid test.

“Karena adanya kegelisahan dari warga atas aksi si calo ini, lalu pihak stasiun lapor ke kami. Jadi kami tadi malam (19/12) lakukan penyelidikan dan tangkap 3 calo,” jelas Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Heru Novianto di Polres Metro Jakarta Pusat, Minggu (20/12).

Adapun, para calon ini memanfaatkan keramaian yang ada di stasiun untuk menggunakan jasanya. Setelahnya, mereka akan membawa konsumennya menuju tempat rapid test di luar stasiun.

“Jadi calo-calo manfaatkan situasi, tawarkan diri dan jasa untuk lakukan rapid di tempat lain,” terang dia.

Untuk modus yang dilakukan, Heru menerangkan bahwa awalnya calo menawarkan jasanya apabila melihat adanya antrian rapid test yang panjang di stasiun.

“Modus operandi, dia tawarkan diri karena di situ (rapid test stasiun) mungkin antri, jadi tawarkan jasa tempatnya. Tarif antar Rp 50 ribu, lalu untuk rapid test Rp 95 ribu, dan biaya gojek Rp 45 ribu,” ucap dia.

Ia melanjutkan, para calo ini telah melakukan kegiatan ilegalnya sejak awal pemerintah mewajibkan rapid test sebagai syarat bepergian. Ketidaksabaran calon penumpang juga dimanfaatkan oleh para calo.

“Sejak diwajibkan rapid itu mereka cari celah, ada yang antri tidak sabar, jadi nawarkan diri ke tempat bisa rapid,” tambahnya.

Saat ini, pihaknya pun masih mendalami klinik mana yang menjadi lokasi para calo menjajakan rapid test tersebut. “Masih kami dalami lagi, belum bisa kami ekspose karena nanti bubar. Kami dapatkan dulu calonya,” pungkasnya. (jawapos)