25 radar bogor

Soroti Karsa Bogor Sehat, Ketua DPRD: Pemkab Tidak Pernah Mengajukan Peningkatan Puskesmas

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto.
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto.

BOGOR-RADAR BOGOR, Kepemimpinan Ade Yasin-Iwan Setiawan genap dua tahun pada 30 Desember 2020, mendatang.

Keduanya telah mengemban amanah warga masyarakat Bogor untuk memimpin dan membangun Kabupaten Bogor dengan program Pancakarsa sebagai tujuan yang ingin diwujudkan.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mengomentari perihal Program Pancakarsa yang menjadi visi dan misi Kabupaten Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin-Iwan Setiawan.

Rudy menyoroti Karsa Bogor Sehat dalam Pancakarsa. Salah satunya adalah tidak adanya pengajuan peningkatan Puskesmas menjadi rumah sakit dengan status tipe D yang dimana bisa menjadi fasilitas kesehatan rawat inap bagi masyarakat.

“Tidak ada pengajuan untuk puskesmas ini. Dan saya rasa ini bisa menjadi masukan untuk Pemkab Bogor. Karena saya pribadi akan mendukung jika memang untuk kepentingan masyarakat,” jelas Rudy.

Menanggapi hal itu, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Suryanto Putra tak menampik masih adanya kekurangan dalam arah pembangunan Pemkab Bogor.

Menurutnya, Bupati dan Wakil Bupati Bogor memiliki waktu lima tahun untuk membangun. Pada prosesnya, kata dia, banyak hambatan. Salah satunya karena Pandemi yang mengharuskan refocusing anggaran.

“Mungkin kalau tidak refocusing anggaran itu bisa digunakan untuk infrastruktur. Tapi kami lakukan untuk penanganan pandemi,” kata Suryanto.

Meski demikian, dia berharap di sisa waktu yang ada di tahun 2020, bisa memberikan hasil yang maksimal.

“Mudah-mudahan dengan semangat yang ada, hasilnya bisa maksimal. Dan masih ada waktu untuk berbenah hingga 2023. Kami harapkan sinergi yang baik juga dari DPRD dan masyarakat,” tukasnya.(ded)