25 radar bogor

Petugas Damkar Tangkap Ular Sanca Dipinggir Ciliwung

Satu ekor ular sanca sepanjang 5 meter berhasil dievakuasi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bogor di Kampung Lebak Kantin, Kelurahan Sempur, Kamis (17/12/2020) siang.
Satu ekor ular sanca sepanjang 5 meter berhasil dievakuasi petugas Damkar Kota Bogor di Kampung Lebak Kantin, Kelurahan Sempur, Kamis (17/12/2020). Foto Andika/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Satu ekor ular sanca sepanjang 5 meter berhasil dievakuasi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bogor di Kampung Lebak Kantin, Kelurahan Sempur, Kamis (17/12/2020) siang.

Kabid Pemadam Kebakaran Kota Bogor, M Ade Nugraha menjelaskan, sekitar pukul 13.35 WIB, petugas mendapatkan laporan dari warga bahwa telah ada satu ekor ular jenis sanca batik yang diatas pohon di pinggir sungai Ciliwung. “Setelah dapat laporan itu, kita lansung ke lokasi. Benar saja ada ular yang terlihat di bantaran sungai di bawah Jembatan Sempur,” kata Ade, dalam keterangannya.

Akhirnya, tujuh orang petugas rescue lansung dikerahkan mengevakuasi ular raksasa itu dari bantaran sungai karena warga khawatir masuk ke pemukiman. Sejam kemudian, ular itu akhirnya berhasil ditangkap petugas. “Keberadaannya (ular) dirasa sangat meresahkan berhubung berada tak jauh di lingkungan Sekolah Dasar (SD) dan pemukiman warga,” jelas Ade.

Hewan jenis reptil itu memiliki panjang sekitar 5 meter dengan berat mencapai 50 kilogram. Setelah dievakuas, petugas langsung membawa ular Ke Kantor Pemadam Kebakaran Sukasari Kota Bogor. “Jenisnya sanca batik, panjang 5 meter dan berat sekitar 50 kilo,” pungkasnya. (dka)