25 radar bogor

Sediakan Pelayanan Berbasis HAM, Lapas Paledang Diganjar Penghargaan oleh Kemenkumham 

Lapas-Paledang
Lapas Kelas II A Bogor mendapat penghargaan dari Kemenkumham.
Lapas-Paledang
Lapas Kelas II A Bogor mendapat penghargaan dari Kemenkumham.

BOGOR – RADAR BOGOR, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberikan penghargaan untuk Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bogor atau Lapas Paledang.

Penghargaan itu berkat keberhasilan Lapas Paledang dalam menyediakan pelayanan publik yang berbasis Hak Asasi Manusia (HAM).

Kepala Lapas Kelas II A Bogor, Teguh Wibowo menjelaskan, penghargaan itu diserahkan beberapa hari yang lalu saat Hari HAM se-dunia.

Karena kondisi pandemi, penyerahaan penghargaan itu diberikan secara virtual di Kantor Wilayah (Kanwil) masing – masing.

Kemudian, Teguh menjelaskan bahwa ada beberapa program pelayanan berbasis HAM yang sudah diterapkan di Lapas Paledang. Seperti contoh jalur dan kamar mandi khusus disabilitas.

“Lalu ada musala, ruang laktasi, ruang bermain anak dan alat bantu disabilitas. Seperti kursi roda dan kruk,” kata Teguh pada radarbogor.id, Rabu (16/12/2020).

Sebenarnya, sambung Teguh, program – program layak HAM itu sudah tampak di depan mata. Di luar itu, masih ada berbagai program lainnya yang mendukung hak asasi lainnya.

Program berbasis HAM ini, sebenarnya hampir sama dengan program Wilayah Bebas dari Korupsi atau WBK. Dimana program – program WBK sudah dikerjakan setiap tahunnya.

Alhasil, diakui Teguh, penghargaan ini juga bisa sebagai poin tambah untuk mendapatkan WBK.

“Untuk mempertahankan itu tentunya Lapas Paledang harus selalu memberikan pelayanan yang baik dan memenuhi hak – hak warga binaan, maupun keluarga dan masyarakat,” tutupnya. (dka)