25 radar bogor

Selama Pandemi, Desainer Ivan Gunawan Nyaris Tidak Layani Order Artis

Ivan Gunawan mengungkapkan selama pandemi Covid-19 dirinya nyaris tidak mau melayani order dari kalangan artis. (Abdul Rahman/JawaPos.com)
Ivan Gunawan mengungkapkan selama pandemi Covid-19 dirinya nyaris tidak mau melayani order dari kalangan artis. (Abdul Rahman/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Desainer Ivan Gunawan memastikan bahwa dirinya masih tetap mengeluarkan produk terbaru meskipun pandemi Covid-19 melanda. Dia bersyukur masih bisa membagi waktu antara pekerjaan di televisi dan pekerjaannya sebagai seorang desainer.

“Ya nggak ada masalah. Karena syuting juga bukan tipe yang terlalu banyak program, cuma Brownies aja. Jadi masih bisa ada waktu,” ujar Ivan Gunawan saat ditemui di bilangan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (14/12).

Pria yang akrab disapa Igun itu mengungkapkan, selama pandemi Covid-19 dirinya nyaris tidak mau melayani order dari kalangan artis. Dia lebih fokus pada order dari kalangan non artis dan berusaha terus melebarkan market kendati situasi pada masa pandemi tentu tidak mudah.

“Kalau teman artis jarang saya layani sih. Klien saya Alhamdulillah juga bukan dari kalangan artis. Ya karena ini zaman lagi pandemi. Kalau artis kan mintanya endorse ya saya jarang dapat uang dong,” aku Ivan Gunawan berterus terang.

Igun mengakui bujet untuk promosi dan publikasi dipangkasnya demi tetap bisa bertahan di tengah situasi sulit. Ivan Gunawan lebih memorioritaskan menggaji 50 lebuh karyawannya daripada melakukan promosi dengan mengendorse artis.

“Karena pegawai dan segala macamnya harus terus berjalan. Jadi ya di 2020 ini memang gak ada bujet untuk melakukan publikasi dengan selebriti,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan Ivan Gunawan, pandemi cukup memukul mundur bisnis fashionnya. Itu karena pernikahan di tahun ini juga angkanya menurun dibanding tahuh-tahun sebelumnya. Sementara produk fashion Igun banyak membuat gaun buat pesta dan perikahan.

“Kita lihat di 2020 ini kan menurun signifikan jumlah orang yang menggunakan busana pesta dan perkawinan. Jadi ya gimana caranya supaya pegawai saya bisa tetap survive, gajian tepat waktu, berlebaran, dan nanti bisa Natalan,” paparnya.

Kendati situasi cukup sulit, Ivan Gunawan berusaha optimis dengan keadaan. Igun berusaha mencari peluang dan kesempatan yang ada untuk tetap memasarkan produknya. “Jadi pintar-pinta kita aja cari peluang,” katanya.

Ivan Gunawan bersyukur sampai saat ini ia tidak mengurangi jumlah karyawannya. Igun juga memastikan dirinya juga tidak memotong gaji mereka. “Alhamdulillah sampai Desember bisa survive ya. Itu aja sih yang saya syukuri,” tandas Ivan Gunawan.(jpg)