25 radar bogor

Ribuan Botol Miras Dimusnahkan, Semerbak Bau Ciu dan Anggur Hitam di Polres Bogor

pemusnahan-miras
Pemusnahan ribu botol miras di Mapolres Bogor, Selasa (15/12/2020). ARIFAL/RADAR BOGOR
pemusnahan-miras
Pemusnahan ribu botol miras di Mapolres Bogor, Selasa (15/12/2020). ARIFAL/RADAR BOGOR

CIBINONG-RADAR BOGOR, Deru mesin stum meraung. Bersahutan dengan letupan botol miras.

Sejumlah polisi serta pejabat datang. Menyaksikan alat berat itu melindas setiap botol minuman keras (miras) yang sendari Selasa (15/12/2020) pagi disusun oleh anggota Polres Bogor.

Ya, sejak pagi para anggota Polres Bogor menyusun puluhan ribu botol minuman keras. Lapangan parkir tepat Aula Polres Bogor pun dijadikan tempat eksekusi ribuan botol miras.

Menggunakan masker dan sarung tangan, para anggota polres Bogor dengan rapi meletakan botol demi botol miras. Termasuk miras oplosan dalam plastik dan botol air mineral.

Paling bawah, disusun botol minuman keras hasil permentasi anggur. Botolnya berwarna hijau dengan lambang Gongseng di setiap botolnya.

Diatasnya tersusun botol minuman keras permentasi anggur pabrikan ternama di Indonesia. Botol bening berwarna putih dengan isi warna-warni. Ada juga minuman keras jenis bir. Baik jenis bir putih atau bir hitam.

Namun ada yang tak biasa dalam susunan botol miras yang akan dimusnahkan itu. Banyak botol air mineral dan botol minuman teh di sana. Jumlahnya, lebih banyak. Kira-kira tiga perempat dari total botol miras yang dimusnahkan.

Tidak luput juga ratusan bungkus plastik. Isinya miras tradisional. Tepatnya miras oplosan. Dikenal sebagai Ciu.

Jumlah Ciu ini cukup banyak 2.517 liter. Selain Ciu ada juga tuak. Jumlahnya sebelas jeriken. Ukuranya jerigenya 50 literan.

Setelah semua botol tertata dengan rapih, stum datang. Bersiaga menunggu aba-aba.

Pukul 11.00 WIB tibalah masanya. Diawali dengan lemparan botol miras oleh Kapolres dan sejumlah pejabat Pemkab Bogor, serta TNI, mesin stum mulai berjalan.

Perlahan alat berat berwarna kuning itu berjalan di tengah tumpukan botol miras itu.

Baru berjalan satu meter, letupan botol meledak membuat sejumlah polisi dan TNI menjauhi lokasi. Mereka menghindari pecahan beling dan tutup botol air mineral yang berterbangan.

Stum pun terus mejaku hingga ujung. Tak lama banjir Ciu dan anggur mengalir. Memasuki setiap saluran irigasi dekat lokasi pemusnahan.

Semerbak Ciu dan Anggur Hitam tersasa pekat di Polres Bogor. Sejumlah warga yang tengah berjakan menuju tempat pembuatan SIM pun ikut menutup hidung menahan bau minuman keras berbagai jenis itu.

Tak ketinggalan, polisi dan sejumlah awak media pun menutup hidung. Sementara itu stum tak berhenti. Alat berat itu mencari setiap botol miras yang belum pecah dan ringsek. Dengan gerakan maju mundur.

Semerbak Ciu dan Anggur Hitam Polres Bogor itupun tercium hingga parkiran kendaraan gedung Kesenian. Gedung yang berada tepat di samping kanan Polres Bogor.

“Baunya sampai sini ini,” ujar Asep Supriyatna salah satu warga Bogor yang tengah makan di kantin samping Polres Bogor Selasa (15/12/2020).

Untuk diketahui, Polres Bogor beserta jajarannya memusnahkan puluhan ribu botol minuman keras (miras) jelang natal dan tahun baru 2021.

Operasi pemusnahan itu bertujuan untuk mengantisipasi maraknya peredaran miras menjelang natal dan tahun baru.

Kegiatan cipta kondisi yang telah dilakukan dalam kurun waktu enam bulan terakhir ini dilakukan dengan sasaran utama minuman keras beralkohol.

“Sebanyak 31.274 botol minuman beralkohol dengan berbagai merk, jenis dan ukuran berhasil disita,” Kata Kapolres Bogor, AKBP Roland Ronaldy kepada radarbogor.id, Selasa (15/12/2020).

Adapun barang bukti yang dimusnahkan adalah 2.517 liter minuman keras jenis ciu, dan 11 dirigen tuak.

“Sanksi ini dikenakan terhadap para penjual minuman beralkohol sesuai dengan aturan Perda Kabupaten Bogor Nomor 4 Tahun 2015 tentang ketertiban umum,” tukansya. (all)