25 radar bogor

PT. Bintang Toedjoe Serahkan Hadiah Lomba Taman Herbal Bejo Sinergi Bersama PKK dan Pemerintah Kota Bogor

PT. Bintang Toedjoe Serahkan Hadiah Lomba Taman Herbal Bejo.
PT. Bintang Toedjoe menyerahkan hadiah lomba Taman Herbal Bejo.

BOGOR–RADAR BOGOR, Jahe Merah belakangan ini trending di Masyarakat. Jahe Merah dinilai memiliki khasiat meningkatkan imun tubuh di masa pandemi COVID-19. PT Bintang Toedjoe terus berupaya menggalakkan gerakan menanam jahe merah sebagai wujud kepedulian Bintang Toedjoe untuk sehatkan masyarakat.

Gerakan lomba Taman Herbal Bejo jahe merah ini bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan (TP PKK) Kota Bogor dan Pemerintah Kota Bogor dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Gerakan lomba Taman Herbal Bejo jahe merah melibatkan 68 kelurahan di Kota Bogor. Kegiatan lomba telah dimulai sejak Oktober 2019 lalu. Puncak acara penyerahan hadiah lomba taman herbal Bejo bertempat di Aula Gedung PKK Kota Bogor dengan undangan terbatas guna mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi.

Head of PR PT. Bintang Toedjoe, Sumarwoto mengungkapkan berdasar rencana awal, lomba taman herbal Bejo jahe merah digelar selama 12 bulan. Namun akibat pandemi Covid-19, pihaknya menunda rangkaian kegiatan hingga akhirnya penjurian yang melibatkan PKK dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Lebih lanjut, harapannya jahe merah menjadi biofarmaka andalan Indonesia. “Jika Korea punya andalan gingseng, Indonesia punya jahe merah yang kita tahu khasiatnya untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu jahe merah termasuk dalam herbal yang direkomendasikan oleh BPOM dan saat ini sedang diteliti untuk COVID-19.”

Turut hadir Wakil Ketua 2 TP PKK Kota Bogor, Ibu Welly Ahdiat dalam acara ini “Lomba taman herbal Bintang Toedjoe selaras dengan program Bogor Berkebun dan Halaman Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman (Hatinya) PKK terkait optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan. Semoga kedepannya terus terjalin sinergi bersama,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor, Drs. Anas S Rasmana, MM mengatakan hari ini (14/12) puncak rangkaian lomba taman herbal Bejo. Semoga program ini terus berkelanjutan dan dapat saling berkolaborasi sehingga kedepannya jahe merah menjadi herbal andalan di Kota Bogor.

Peserta yang hadir dalam acara penyerahan hadiah ini hanya dibatasi perwakilan dari masing-masing pemenang. Adapun pemenang lomba Taman Herbal BEJO sebagai berikut : Juara 1 KWT Jayadewata Lestari, Juara 2 KWT Ciharashas, Juara 3 KWT Cempaka, Juara Harapan 1 Dawis Swaga, Juara Harapan 2 KWT Tunas Mekar, Juara Harapan 3 Dawis Cempaka, Juara 1 Taman Pemeliharaan KWT Sriwijaya, Juara 2 Taman Pemeliharaan KWT Kebun Raya, Juara 3 Taman Pemelilharaan KWT Flamboyan.

Dalam kesempatan yang sama, TP PKK melalui Pokja 3 menyerahkan hadiah pemenang lomba Bogor Hejo kepada 6 pemenang di Kota Bogor.

Ini adalah sumbangsih PT. Bintang Toedjoe kepada masyarakat bogor untuk mendekatkan diri dengan tanaman herbal. Disamping bisa sebagai obat herbal jahe merah juga mempunyai nilai ekonomis tinggi. Musim pandemi covid-19 kebutuhan jahe merah meningkat tajam, seiring dengan kesadaran masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Untuk menumbuhkan mental wirausaha kelompok wanita tani dan masyarakat umum juga diajak bermitra oleh PT. Bintang Toedjoe untuk menjadi Agen produk BejoJahe Merah. Kata Mahmudi Area Manager PT Bintang Toedjoe Bogor.(*)