25 radar bogor

Menangi 5 Pilkada, PDIP Ubah Peta Politik di Sultra

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

JAKARTA-RADAR BOGOR, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyambut positif hasil quick count dan real count pilkada di Sulawesi Tenggara (Sultra). Berdasarkan data terakhir, dari tujuh pilkada di Sultra, lima berhasil dimenangkan kader PDIP.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, hasil ini merupakan kejutan sekaligus kabar gembira bagi partai yang dikepalai Megawati Soekarnoputri.

“Kemenangan tersebut muncul karena kekuatan partai dibantu figur calon yang bekerja dilandasi semangat gotong royong sehingga bisa meyakinkan warga Sultra. Apalagi Sultra selama ini lebih dikenal sebagai basis PAN dan Partai Golkar,” klaim Hasto dalam keterangannya, Jumat (11/12/2020).

Jadi berdasarkan hasil pilkada 2020 di Sultra, akan terjadi pergeseran peta politik di Sultra. Dominasi PAN bergeser ke PDIP.

Satu pilkada yang paling mengejutkan adalah di Kabupaten Wakatobi. Setelah sempat lepas dari PDIP, kini kader PDIP akan kembali pimpin Wakatobi.

“Untuk mengonsolidasi pilkada Sultra, DPP PDIP menugaskan Wiryanti Sukamdani bersama Ketua DPD PDIP Lukman Abunawas memimpin langsung,” katanya.

Kemenangan ini semakin sempurna karena pada lima pilkada Sultra PDIP mengusung kader murni. Dirinya pun sudah melaporkan hasil pilkada Sultra kepada ketua umumnya Megawati Soekarnoputri. Respons Megawati, supaya partai mengawal proses penghitungan hingga keluar keputusan resmi KPU.

“Jangan sampai terjadi pergesekan antar-sesama pendukung calon kepala daerah,” ungkapnya.

Hasto menuturkan, Megawati juga menitip pesan, kepercayaan masyarakat Sultra agar dijaga dengan sebaik-baiknya dan setelah dilantik agar mereka segera bekerja untuk rakyat.

“Melalui berbagai kebijakan pro rakyat apalagi di tengah pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Berikut daftar kader PDI Perjuangan yang berjaya di Pilkada Sultra.

1. Muna
Bupati: Rusman Emba (Ketua Bappilu, DPC Muna)
Wakil Bupati: Bahrun

2. Wakatobi
Bupati: Haliana (ketua DPC Wakatobi)
Wakil Bupati: Ilmiati Daud

3. Kolaka Timur
Bupati: Samsul Bahri (kader PDIP, bakal Ketua DPC)
Wakil Bupati: Andi Meri

4. Konawe Utara
Bupati: Ruksamin (kader PBB)
Wakil Bupati: Abu Haera (kader PDIP)

5. Konawe Kepulauan
Bupati: Amarullah
Wakil Bupati: Andi Muhamad Luthfi (kader PDIP)

(jpg)