25 radar bogor

Tutup Latihan Bersama, Danrem: Kita Harus Siap Antisipasi Bencana

Latihan-Danrem
Penutupan Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal), Jumat (11/12/2020). FOTO : IMAM RAHAMANTO/RADAR BOGOR
Latihan-Danrem
Penutupan Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal), Jumat (11/12/2020). FOTO : IMAM RAHAMANTO/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal) telah berakhir, Jumat (11/12/2020). Latihan yang berlangsung selama tiga hari itu menjad modal penting untuk mengantisipasi bencana alam yang akan terjadi.

Penutupan latihan dilaksanakan oleh Komandan Korem (Danrem) 061 Suryakencana, Kolonel Inf Achmad Fauzi. Ia melihat, hasilnya sudah cukup baik. Beberapa pihak sudah turut bekerja sama agar pelaksanaan latihan berjalan dengan lancar.

“Latihan ini sebagai langkah kita dalam mengantisipasi bencana alam yang terjadi. Karena tidak bisa dihindari, biasanya akhir tahun banyak yang terjadi. Jadi, kita harus siap menghadapinya,” ungkapnya, usai menutup pelatihan tersebut.

Pelatihan hari terakhir itu diikuti pula oleh masuarakat setempat. Mereka menjadi bagian dari simulasi latihan dalam menghadapi bencana. Tak ketinggalan, personel Satpol PP dan BPBD Kota Bogor juga turut bergabung.

Ia pun mengatakan, penilaian keberhasilan latihan bukan diukur dari berjalannya mekanisme latihan sesuai dengan rencana yang telah dibuat.

Keberhasilan latihan justru harus diukur dari bagaimana pelaksanaan latihan dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan tempur para prajurit.

“Selain itu, keberhasilannya juga jika dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi di medan tugas,” imbuhnya. (mam)