Beranda Tekno Piaggio Gandeng IBM untuk Proyek Aplikasi Manajemen

Piaggio Gandeng IBM untuk Proyek Aplikasi Manajemen

CANGGIH: Vespa-GTS-Super-Tech-300, salah satu skuter andalan brand Piaggio saat ini. (Istimewa)
CANGGIH: Vespa-GTS-Super-Tech-300, salah satu skuter andalan brand Piaggio saat ini. (Istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR, IBM dan Piaggio Group mengumumkan penyelesaian proyek internasional sebagai transisi aplikasi manajemen Piaggio ke SAP S/4 HANA.

Solusi ini dikatakan bakal mempercepat dan menyederhanakan proses internal, seperti menyediakan sebuah manajemen pesanan yang lebih efektif dan lebih cepat kepada karyawannya, serta memberikan lebih banyak fleksibilitas untuk permintaan layanan kliennya.

Piaggio Group berfokus pada penggabungan proses melalui peningkatan infrastruktur aplikasi umum dan terintegrasi, di enam pusat industrinya di seluruh dunia. Empat di Italia, satu di India, dan satu di Vietnam, yang juga menjadi tempat kegiatan produksi dan komersialnya.

Sementara peningkatan ke S/4HANA dari IBM akan memberikan tampilan informasi yang terpusat, memungkinkan Piaggio untuk menganalisis data manajemen dan ekonomi secara real time, di perangkat apa pun, bahkan saat bepergian, menawarkan sistem yang berbeda kepada pengguna akhir untuk menganalisis data secara mandiri dan mensimulasikan skenario alternatif.

’’Kami telah meletakkan dasar untuk evolusi yang cepat dan konstan dari proses kami dan untuk digitalisasi masa depan lebih lanjut dari proses bisnis yang paling penting, untuk mendukung fungsi internal, kolaborasi dengan mitra strategis dan jaringan penjualan,’’ ucap Chief Information Officer dari Piaggio Group Vittorio Boero.

Dia melanjutkan, evolusi itu akan berlangsung sesuai dengan rencana pengembangan yang telah dirancang dengan tujuan membawa manfaat nyata dan signifikan bagi bisnis melalui pendekatan perbaikan yang konstan.

Dimulai pada kuartal pertama tahun 2020, proses migrasi dilakukan oleh IBM, selagi menghadapi tantangan pembatasan jarak sosial yang disebabkan pandemi Covid-19, dengan konsolidasi progresif yang dilakukan mulai akhir Juni.

Proyek ini telah selesai dan memenuhi semua target yang ditetapkan meskipun ada kendala operasional pengujian dan pendirian produksi di tiga negara dengan dukungan jarak jauh, ketimbang di tempat.

Untuk mengejar tujuan pertumbuhan internasional bisnisnya, Piaggio perlu menyelesaikan proyek dengan aman dan tepat waktu, juga untuk memastikan agar sistem baru dapat dimulai sebelum awal ramainya musim penjualan.

Pemilihan mitra seperti IBM Services dimotivasi oleh keahliannya yang begitu banyak dan telah terbukti, baik dalam pengaplikasian teknologi baru seperti SAP S/4HANA dan juga dalam industri.

Lebih dari 20 tahun yang lalu, IBM Services melaksanakan proyek instalasi SAP R/3 untuk Piaggio dan berhasil menyelesaikan proyek konversi dengan memanfaatkan fitur-fitur baru dan efisien dari sistem manajemen yang menggabungkan transaksi ERP dengan teknologi baru.

Luigi Menzio, IBM Services Executive Partner, IBM Italia dalam kesempatan yang sama menyebut, Piaggio selalu menunjukkan kepercayaan pada inovasi sebagai kekuatan pendorong.

’’Bahkan selama pandemi, Piaggio melanjutkan jalur transformasinya untuk menjadi perusahaan kognitif, yang mampu memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing,’’ ungkap Luigi. (jawapos)